Global-News.co.id
Indeks Metro Raya Utama

Imbas Corona, Resepsi HPN Jatim 2020 Ikut Ditunda

SURABAYA (global-news.co.id) — Merebaknya wabah virus corona baru (COVID-19) membuat serangkaian kegiatan Hari Pers Nasional (HPN) Jawa Timur tahun ini harus ditunda pelaksanaannya.

Ainur Rohim

Tak hanya seminar migas, belakangan pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jatim juga memutuskan menunda pelaksanaan acara resepsi puncak peringatan Hari Pers Nasional 2020 dan HUT ke-74 PWI. Kegiatan tersebut semula dijadwalkan diadakan di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Jumat (20/3/2020).

Ketua PWI Provinsi Jatim Ainur Rohim tak menepis bahwa penundaan acara resepsi HPN tidak lepas dari situasi dan kondisi yang berkembang saat ini terkait wabah virus corona.

“Persiapan acara resepsi HPN sebenarnya sudah hampir rampung. Tetapi pengurus memutuskan menunda setelah melihat perkembangan situasi yang begitu cepat beberapa hari terakhir,” begitu tegasnya.

Dalam pernyataannya usai rapat pengurus dengan panitia HPN 2020 di Sekretariat PWI Jatim di Surabaya, Selasa (17/3/2020), Ainur Rohim menyatakan bahwa penundaan tersebut demi kebaikan bersama dan mendukung langkah pemerintah mengantisipasi penyebaran corona.

Selain itu, pria yang akrab disapa Cak Air ini menandaskan, penundaan tersebut juga merujuk terbitnya Surat Gubernur Jawa Timur Nomor: 420/1780/101.1/2020 tentang Peningkatan Kewaspadaan Terhadap Corona Virus Disease (COVID-19) di Jawa Timur dan Surat Edaran Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat Nomor: 821/PWI-P/LXXIV/2020 perihal Penundaan Kegiatan PWI.

Isi kedua surat edaran itu intinya sama, yakni mengimbau ditiadakannya kegiatan yang mengundang banyak orang demi mencegah atau mengantisipasi penyebaran virus corona yang telah menjangkiti ratusan orang di berbagai daerah di Tanah Air.

“Kami belum bisa memastikan sampai kapan penundaan resepsi HPN. Kami akan terus memantau perkembangan yang terjadi dan jika situasinya memungkinkan, acara resepsi HPN bisa dilaksanakan,” kata Cak Air didampingi Ketua Panitia HPN 2020 Teguh LR.

Resepsi HPN 2020 di Gedung Negara Grahadi pada 20 Maret merupakan puncak dari seluruh rangkaian kegiatan yang digelar PWI Jatim dalam memperingati HPN dan HUT ke-74 PWI, seperti bakti sosial donor darah dan operasi katarak, seminar pemilihan serentak dan pengembangan kawasan selatan, serta PWI Idol.

Sebelumnya, Panitia HPN Jatim juga menunda seminar hasil kerjasama PWI Jatim dan Kadin Jatim yang semestinya digelar, Selasa (17/3/2020). fan

baca juga :

Mampu Raih Kemerdekaan RI, Untari Dukung Hari Santri sebagai Bentuk Apresiasi

Redaksi Global News

Nasabah Bank Jatim Sekarang Bisa Menikmati Fasilitas BI-FAST pada Fitur JConnect Mobile

OTG Membahayakan, Harus Dirazia dalam Operasi Yustisi

Redaksi Global News