Global-News.co.id
Indeks Metro Raya Utama

Cegah Penyebaran Corona, Kantor DPRD Jatim Disemprot Disinfektan

SURABAYA (global-news.co.id) – Sesuai permintaan pemerintah pusat dan Provinsi untuk mitigasi wabah virus Corona, DPRD  Jawa Timur melakukan penyemprotan cairan disinfektan di gedung wakil rakyat itu, Sabtu (21/3/2020). Sekretariat dewan (sekwan) DPRD Jawa Timur  menerjunkan dua petugas untuk melakukan penyemprotan yang berlangsung sejak  pagi tadi.
 Seluruh ruangan, mulai  ruang VIP, ruang paripurna, ruang pimpinan dewan, fraksi hingga sejumlah ruang anggota DPRD pun disemprot cairan anti-virus tersebut.
Ketua DPRD Jatim Kusnadi mengatakan, langkah Sekretariat DPRD Jatim itu diharapkan efektif dalam pencegahan Covid-19 di lingkungan DPRD Jatim.
DPRD sebagai rumah rakyat, kata dia,  sering  kali menerima masyarakat dari manapun untuk menyampaikan aspirasi. Mereka juga diminta untuk cuci tangan.
“Cuci tangan ini bagian dari membiasakan diri Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS),” kata Kusnadi.
Ketua PDI Perjuangan Jawa Timur itu mengatakan, untuk menjaga kebersihan tangan caranya adalah dengan rajin mencuci tangan. Hal itu bisa dilakukan dengan sabun misalnya.
Pihaknya memang tidak menganjurkan harus menggunakan antiseptic gel atau hand sanitizer, sebab selain harganya melonjak, kini barangnya sudah sulit dicari.
“Cukuplah dengan menyediakan sabun yang mengandung antiseptic di ruangan kamar kecil yang sudah tersedia atau menambah saluran keran air di beberapa tempat untuk memudahkan orang cuci tangan,” kata Kusnadi.
Di tempat yang sama  Sekretaris DPRD Jatim, Andik Fadjar Tjahjono menambahkan penyemprotan dilakukan  di seluruh ruang. Termasuk di ruang paripurna.
“Kegiatan tersebut merupakan langkah lanjutan dari proses antisipasi virus corona. Kami menindaklanjuti arahan Gubernur Khofifah Indar Parawansa untuk menjaga pola hidup sehat,” katanya.
Andik menerangkan bahwa setiap hari banyak masyarakat datang ke DPRD Jatim. Layaknya fasilitas umum, perlu adanya pola pencegahan di rumah rakyat tersebut.
Langkah tersebut merupakan kegiatan rangkaian setelah sebelumnya DPRD juga menyiapkan westafel portabel hand di pintu-pintu utama gedung DPRD Jatim lengkap dengan antiseptic gel.
Seperti diketahui, pemasangan wastafel portable tersebut dilakukan sejak Senin (16/3/2020). Hal ini sebagai langkah preventif, apalagi para anggota DPRD Jatim juga banyak yang masih berkantor.
“Pemasangan wastafel portabel hand dan penyediaan antisptic gel ini untuk antisipasi penyebaran virus corona di lingkungan DPRD Jatim,” kata Sri Yuni Plt Kasubag Perlengkapan dan Pemeliharaan DPRD Jatim saat mengawasi proses pemasangan di pintu masuk DPRD Jatim, Selasa (17/3/2020).
Ia menjelaskan bahwa pemasangan westafel portabel hand ditempatkan di pintu masuk gedung Dewan Jatim dan beberapa ruangan. Di antaranya, ruangan paripurna, Badan Musyawarah, Badan Anggaran, Komisi, dan ruang Fraksi-Fraksi di DPRD Jatim.
“Kemudian, untuk ruangan pribadi anggota DPRD Jatim kami juga menyiapkan antiseptic gel. Ini agar kita bisa bersama-sama melawan virus Corona. Dengan pencegahan,” kata Sri Yuni. (fan)

baca juga :

Pak Basuki Menyapa Calon Tenaga Kerja Migas

gas

13-16 September Jalan Darmokali Ditutup, Jembatan Ratna Dipasang Girder

Redaksi Global News

Persiapan Nataru di Pamekasan, di Kota Car Free Night, di Desa dan Kecamatan Menggelar Istighotsah

gas