Global-News.co.id
Indeks Metro Raya Utama

Antisipasi Virus Corona, Pemprov Sediakan Call Center Cacak Jatim

SURABAYA (GN) –  Pemprov Jatim melalui Dinas Kesehatan membuat layanan call center cangkrukan kesehatan (Cacak Jatim) untuk layanan kesehatan termasuk untuk konsultasi terkait virus corona (COVID-19). Layanan call center dibuka di dua saluran yaitu di nomor 031 – 8430313 untuk layanan di hari aktif dan jam kerja, dan di nomor 081334367800 yang juga aktif di hari libur selama 24 jam.

Khofifah Indar Parawansa

Layanan call center ini akan memberikan sarana tanya jawab bagi masyarakat yang membutuhkan informasi dan konsultasi terkait penanganan virus corona. Terutama kaitannya pada sarana pelayanan medis yang dibutuhkan, jaringan rumah sakit yang bisa melayani indikasi  suspect corona, jaringan tempat yang menyediakan masker dan informasi lain yang dibutuhkan.

“Layanan call center dapat diakses melalui dua jalur. Ada yang nomor kantor dan ada yang nomor telepon 24 jam. Ini adalah layanan yang kita buka agar masyarakat bisa terang  dan tenang jika mendapatkan informasi terkait virus corona. Juga bisa konsultasi kemana fasilitas kesehatan atau rumah sakit yang bisa mereka tuju saat mengalami tanda-tanda terinfeksi virus corona,” kata Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa di Gedung Negara Grahadi, Rabu (4/3/2020).

Jika masyarakat menghubungi layanan call center ini, operator dari Dinas Kesehatan akan menjawab dan memberikan layanan informasi. Khususnya dalam hal manajemen layanan rumah sakit yang bisa dijadikan masyarakat sebagai rujukan saat mengetahui ada  tanda-tanda yang menyerupai virus corona.

“Kita berjejaring dengan 44 rumah sakit yang kami tetapkan sebagai rumah sakit rujukan pertama dan kita siapkan untuk menerima warga Jatim jika mengalami gejala terindikasi virus corona,” ucap mantan Menteri Sosial dan Menteri Pemberdayaan Perempuan ini.

Sebanyak 44 rumah sakit rujukan pertama ini tersebar di seluruh kabupaten/kota di Jawa Timur. Rumah sakit rujukan pertama virus corona ini adalah rumah sakit yang sudah memenuhi empat kriteria.

Yang pertama adalah rumah sakit tipe B, memiliki ruang isolasi, memiliki dokter sesialis paru-paru, dan memiliki dokter radiologi. Dengan memenuhi empat kriteria ini, maka rumah sakit akan bisa menentukan pasien mengalami sakit yang mengarah ke COVID-19 ataukah tidak.

“Jika mengarah ke COVID-19, maka pasien akan diarahkan untuk dirujuk ke 3 rumah sakit rujukan utama kita yaitu RSUD Dr Soetomo Surabaya, RSUD Dr Soedono Madiun, dan RSUD Saiful Anwar Malang. Mana yang terdekat dari pasien, ke rumah sakit itu pasien akan dirujuk,” tegasnya.

Maka fungsi call center ini penting bagi masyarakat agar bisa mendapatkan pengarahan apa yang harus dilakukan dan kemana mereka harus menuju saat mengalami gejala coronavirus COVID-19.

“Saya mohon masyarakat Jawa Timur tetap tenang. Kami melakukan koordinasi yang sangat komprehensif vertikal dan horisontal. Jangan panik termasuk melakukan aksi borong atau panic buying. Semoga semua warga Jatim sehat,” tutupnya. fan

baca juga :

Lawan Barito Putera, Ajang Pembuktian Gaya Permainan Baru Juku Eja

Redaksi Global News

Kaya Sumber Daya Air, Pemkab Pasuruan Bakal Bangun Kampung Ikan di Winongan

Redaksi Global News

Komunitas Sepeda Onthel Sidoarjo Dukung Gus Muhaimin Capres 2024.