Global-News.co.id
Indeks Mataraman Utama

Menhub hingga Menteri Basuki Cek Pembangunan Bandara Kediri

Bandara Kediri saat ini dalam tahap penetapan lokasi, pembebasan lahan dan pematangan desain.

JAKARTA – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dijadwalkan melakukan peninjauan rencana pembangunan Bandara Kediri. Menhub akan mengecek pembangunan Bandara Kediri bersama Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono.

“Pembangunan Bandara di Kediri yang menjadi Proyek Strategis Nasional (PSN) ini direncanakan akan dimulai pada April 2020, tentunya setelah proses pembebasan lahan selesai dilakukan,” kata Pelaksana Tugas Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kemenhub Yudhonur Setyaji dilansir dari laman Kemenhub, Sabtu (15/2/2020).

Proyek pembangunan Bandara ini menggunakan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dengan pembiayaan seluruhnya mulai dari pembebasan lahan sampai ke pembangunan Bandara menggunakan dana dari swasta yaitu PT Gudang Garam Tbk, sementara untuk pengelolaannya akan dilakukan oleh BUMN PT Angkasa Pura I.

Pembangunan bandara dilakukan di lahan seluas 450 hektare. Rencananya, landasan pacu bandara (runway) akan dibangun sepanjang 3.000 meter yang ditargetkan rampung dalam 2,5 tahun. Pembangunan Tahap I ditargetkan selesai pada akhir tahun 2020 yang dapat menampung kapasitas 1,5 juta penumpang. Bandara Kediri saat ini dalam tahap penetapan lokasi dan pematangan desain.

Bandara yang berada di Jawa Timur ini nantinya akan berfungsi sebagai bandara domestik, sementara untuk Bandara Internasional tetap dilayani oleh Bandara Juanda Surabaya. Keberadaan bandara ini diharapkan dapat mendorong peningkatan perekonomian, meningkatkan jumlah wisatawan, mempermudah masyarakat sekitar untuk bepergian, hingga memberikan lapangan pekerjaan masyarakat di Kediri dan sekitarnya.

Selain peninjauan ke Bandara Kediri, pada kunjungan kerja bersama 3 menteri Kabinet Indonesia Maju juga sekaligus peresmian rusunawa Ponpes Hidayatul Mubtadiin Lirboyo Kediri. ejo, ins

baca juga :

Usai Tunaikan Ibadah Haji, Gubernur Khofifah Tiba di Tanah Air

Jafri Sastra Sebut Lawan Persiraja Laga Final Tim Papan Bawah

Redaksi Global News

RD Akui Salah Taktik Saat Rans Digilas Persija 0-3

Redaksi Global News