Global-News.co.id
Indeks Metro Raya Utama

Gangster ‘Hantui’ Warga Surabaya, Pemkot Pasang Face Recognition

 

Wali Kota Tri Rismaharini saat memberikan keterangan pers terkait gangster di SurabayaSURABAYA (global-news.co.id) – Kabar maraknya gangster berkeliaran di Kota Surabaya tampaknya cukup membuat resah dan ‘menghantui’ warga. Hal ini langsung menarik perhatian Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini.

Untuk memberikan rasa nyaman, aman dan Surabaya kondusif, Risma siap ‘menghabisi’ para gangster yang berkeliaran di Kota Pahlawan. Caranya, dengan memasang kamera face recognition yang dapat mendeteksi wajah seseorang, dan rutin menggelar patroli bersama pihak kepolisian.

“Kami sudah pasang kamera face recognition. Jadi, nanti kalau sudah ditangkap tidak ada lagi yang ngeles bahwa saya tidak ikut di situ (gengster), karena ini juga sudah tersambung dengan kependudukan,” kata Risma kepada awak media di rumah dinas Jalan Sedap Malam, Surabaya, Rabu (5/2/2020).

Selain itu, Wali Kota Risma memastikan bahwa Pemkot Surabaya dengan pihak kepolisian akan rutin menggelar patrol gabungan. Bahkan, nanti apabila kamera pemkot menangkap sesuatu atau wajah pelaku gangster itu, maka akan langsung diserahkan kepada pihak kepolisian. “Sudah kita attack, kalau kita menemukan apa, kita langsung laporan ke polres,” tegasnya.

Sementara soal keinginan Bonek (supporter Persebaya) yang ingin ikut serta menghalau para gangster itu, Risma melarangnya. Bahkan, wali kota perempuan pertama di Kota Surabaya itu meminta para Bonek untuk percaya kepada pihak kepolisian. Apalagi pihak kepolisian itu sudah dilengkapi senjata lengkap ketika bertugas menghalau para gangster itu.

“Jangan lah, nanti kalau ada apa-apa yang rugi nanti keluarganya. Percayalah kepada petugas kepolisian, kita juga akan rutin melakukan patrol,” ujarnya.

Risma memastikan, saat ini tidak bisa melakukan intervensi untuk membantu para gangster yang ketangkap pihak kepolisian. Sebab, ia mengaku sudah berkali-kali mempertemukan kedua gang ini, tapi tidak dihiraukan dan terjadi lagi saat ini.

“Kalau sudah seperti ini, saya sudah serahkan ke kepolisian. Kalau kemarin saya masih bisa intervensi, tapi sekarang saya tidak akan intervensi lagi, karena kalian tidak nurut,” katanya.

Presiden UCLG Aspac ini juga memastikan, bahwa saat ini pihaknya sudah memiliki data seluruh anak Surabaya, baik wajahnya maupun sidik jarinya. Sebab, pemkot sudah melakukan pendataan sejak 2019 silam, sehingga kalau ketangkap kamera, maka akan sangat mudah untuk diketahui identitasnya.

“Tolong nanti anak-anak tidak menyalahkan siapa pun, itu resikonya macam-macam. Ada tahanan anak, ada yang dikeluarkan sekolah. Kita juga sering keliling ke sekolah-sekolah untuk melakukan intervensi, tapi ini kan pengaruhnya dari luar, jadi ya begini,” pungkasnya.

Sementara itu, Kasat Intel Polrestabes Surabaya, AKBP Whimboko mengomentari aksi peduli kota Surabaya oleh para bonek tersebut. “Dulur-dulur bonek sadar betul betapa pentingnya peduli terhadap keamanan dan ketertiban kota Surabaya. Ini patut diapresiasi. Namun, kami mengimbau, kepada dulur-dulur bonek untuk menyerahkan segala bentuk penindakan terhadap aparat kepolisian,” kata AKBP Whimboko, Rabu (5/2/2020).

Hal tersebut telah disepakati dalam pertemuan di Warkop 27, oleh perwakilan bonek dan kepolisian untuk tidak melakukan tindakan diluar kewenangan masing-masing. “Sedulur bonek sepakat agar bonek membantu polisi memberikan info keberadaan gengster untuk kemudian kami tidak sesuai prosudur yang berlaku. Jangan sampai melakukan penindakan sendiri yang bisa saja malah merugikan,” tandasnya. pur

baca juga :

Tambah 15, Pasien COVID-19 di Jatim per 21 April Jadi 603 Orang

Redaksi Global News

Direvitalisasi, Pemkot Surabaya Didorong Wujudkan Pasar Tradisional Semi Modern

Reza Artamevia Minta Maaf karena Pakai Narkoba

Redaksi Global News