Global-News.co.id
Indeks Metro Raya Utama

Audiensi dengan Bank Jatim, Wali Kota Risma Inisiasi Kembangkan Toko Kelontong Berbasis Digital

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini melakukan audiensi dengan jajaran Bank Jatim dan startup binaan milik Pemkot Surabaya, Senin (17/2/2020).

SURABAYA (global-news.co.id) – Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini melakukan audiensi dengan Direktur Keuangan Bank Jawa Timur (Jatim) Ferdian Timur Satyagraha dan startup binaan milik Pemkot Surabaya. Pertemuan tersebut membahas kerjasama terkait pengembangan toko kelontong terhadap pelayanan berbasis digital dan Financial Technology (Fintech) kepada masyakat, yakni e-Delivery dan e-Payment.

Wali Kota Risma menyampaikan, pengembangan toko kelontong berbasis pelayanan digital ini sudah harus dilakukan. Mengingat toko kelontong harus bisa bersaing seiring berkembangnya kemajuan teknologi. Karena itu kemudian wali kota perempuan pertama di Kota Surabaya ini langsung mempertemukan pihak Bank Jatim dengan start up Koridor Co-working space yang akan merealisasikan konsep tersebut.

“Sebetulnya saya bisa saja menggandeng aplikasi atau bank lain. Tetapi kenapa saya memilih Bank Jatim agar perputaran uang berputar di Surabaya atau Jawa Timur. Jika tidak begitu, maka sekian persen itu akan lari keluar,” kata Wali Kota Risma di rumah dinas di Jalan Sedap Malam Surabaya, Senin (17/2/2020).

Ia menjelaskan, saat ini perputaran uang yang terjadi di toko kelontong berjalan cukup pesat. Menurutnya, jenis usaha kebutuhan dasar semacam ini akan berjalan cepat. Terbukti, wali kota yang menjabat sebagai Presiden UCLG Aspac ini bercerita pernah memberikan modal senilai Rp 10 juta dengan uang pribadinya di salah satu pengelola toko kelontong di Surabaya. “Alhasil setelah tiga bulan perputaran uang menjadi Rp 90 juta. Sekarang sudah jadi kayak mini market. Kalau ini berhasil maka akan melebihi apapun,” terangnya.

Meskipun berat, namun Wali Kota Risma optimistis bahwa program ini akan menjadi sesuatu yang besar di kemudian hari. Terlebih, jika sudah sampai sentra PKL. Tanpa disadari Bank Jatim sudah punya e-Market. “Semua itu jaringannya sudah jelas dengan jumlah yang cukup besar. Tiba-tiba Anda punya e-Payment, e-Delivery. Meskipun awalnya cukup berat karena harus membangun sistemnya. Tapi pasti bisa,” ujarnya.

Pasca pertemuan ini, Wali Kota Risma meminta pihak bank untuk berkoordinasi langsung dengan startup Koridor Co-working space dan segera melakukan langkah awal untuk membangun sistemnya. “Monggo (silahkan) nanti langsung komunikasi dengan mereka. Anak-anak ini adalah anak-anak yang sudah berhasil bukan hanya dari dalam negeri saja tapi dari luar negeri juga,” kata Wali Kota Risma sembari menunjuk ke arah para start up.

Mendengar hal itu, Direktur Keuangan Bank Jatim Ferdian Timur Satyagraha menyampaikan kesediaannya dalam mendukung program pemerintah kota. Bagi dia, ini adalah gerakan yang bagus dalam mengembangkan start up lokal berbasis Financial Technology (Fintech). “Kami siap mendukung karena kami bagian dari Kota Surabaya. Kita lebih konsen ke payment sistemnya dengan activity dari start up nya itu sendiri. Secepatnya kita akan bahas time schedulenya nanti kita akan update kepada bu wali,” kata Ferdian seusai audiensi.

Karena itu, Ferdian berharap, dari kerjasama ini melahirkan dampak positif di sisi sosial maupun sisi bisnis. Bank Jatim bersedia kontribusi membangun start up lokal agar bisa tumbuh lebih besar. “Bank jatim juga sudah berubah. Kita bisa fokus di milenial, UKM yang berbasis teknologi,” pungkasnya. pur

baca juga :

TP PKK Pamekasan Bersama Istri Forkopimda Lakukan Gebrak Masker

gas

Februari Direlokasi, Kios Pasar Sedandang Ludes Terbakar

Redaksi Global News

Rumah Anak Prestasi Surabaya, Ruang Kreativitas Penyandang Disabilitas

Redaksi Global News