Global-News.co.id
Indeks Politik Utama

Asman Abnur Mundur dari Caketum PAN

Calon Ketua Umum (Caketum) Partai Amanat Nasional (PAN) Asman Abnur (tengah) memilih untuk mundur dari perebutan kursi Ketua Umum PAN dalam Kongres ke-V di Hotel Claro Kendari.

KENDARI (global-news.co.id) – Calon Ketua Umum (Caketum) Partai Amanat Nasional (PAN) Asman Abnur memilih untuk mundur dari perebutan kursi Ketua Umum PAN dalam Kongres ke-V di Hotel Claro Kendari. “Saya memutuskan untuk tidak melanjutkan pencalonan ini,” tutur Asman di Kongres PAN Kendari, Selasa (11/2/2020).

Asman pun memberikan isyarat agar suaranya dapat beralih ke Zulkifli Hasan. Meski begitu, dia menghormati keputusan para pendukungnya. “Teman-teman tahu bagaimana kedekatan saya dengan Bang Zul, tetapi saya tetap menyerahkan kepada para peserta,” kata Asman.

Sementara itu, Drajad Wibowo tetap memilih bertarung memperebutkan posisi Ketua Umum PAN, termasuk Mulfachri Harahap. Pemilihan Caketum PAN pada kongres kali ini tetap dilangsungkan meski sempat terjadi kericuhan. Ruang rapat pun dijaga ketat aparat kepolisian.

Sekretaris Panitia Pelaksana Kongres PAN Saleh Daulay membenarkan bahwa pemilihan Ketum PAN akan dilaksanakan hari ini. “Iya. Tapi ini begini (rusuh),” kata Saleh di Hotel Claro Kendari.

Sejak Selasa pagi, lokasi Kongres PAN di Hotel Claro Kendari sudah ramai para kader. Suasana pun didominasi para pendukung Caketum PAN Zulkifli Hasan dan Mulfachri Harahap.

Suasana pun sempat kembali memanas saat massa saling meneriakkan dukungan terhadap caketum yang didukungnya. “Lanjutkan,” teriak massa pendukung Zulkifli Hasan.

Tidak terima dengan itu, massa pendukung Mulfachri menimpali. Nada suaranya dibuat lebih lantang. “Apa lanjutkan, lanjutkan. Mulfachri menang,” balasnya. Kongres PAN sendiri digelar tertutup dan dimulai sekitar pukul 11.00 Wita. Awak media dilarang memasuki ruangan rapat.

Sebelumnya kericuhan terjadi  selama perhelatan kongres PAN di Hotel Claro Kendari.  Salah seorang peserta tampak terluka di bagian kepala akibat baku hantam dan saling melempar kursi sesama kader. Kericuhan terjadi saat rapat pleno pertama yang beragendakan pembahasan tata tertib. Tidak diketahui awal mula kericuhan berlangsung.

Rapat pleno pertama yang juga dihadiri mantan Ketum PAN Hatta Rajasa itu digelar tertutup. Kericuhan terlihat saat pintu ruang rapat terbuka dan peserta kongres tampak keluar dari ruangan. Polisi pun tampak sibuk menenangkan peserta kongres. sir, ins, lip

baca juga :

Albiceleste Gagal Juara, Messi Putuskan Pensiun Timnas

Mantapkan Keunggulan Indonesia 4-0, Fadia/Ribka Libas Ganda Putri Rusia

Redaksi Global News

MA Batalkan Kenaikan Iuran BPJS Kesehatan