Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis Indeks Utama

Siapkan Uang Baru Rp 1,75 Miliar, BI Jatim Gelar Peduli Koin Rupiah

Kepala Perwakilan BI Provinsi Jatim Difi A Johansyah memberikan penjelasan dalam acara Bincang Bersama Media (BBM), Jumat (17/1/2020).

SURABAYA (global-news.co.id) – Kabar warga Banyuwangi yang viral di jagat maya belum lama ini karena membeli motor pakai uang koin Rp 24 juta,  membuat Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Jatim tergerak untuk menggelar kegiatan Peduli Koin Rupiah. Lewat kegiatan tersebut, masyarakat bisa menukarkan uang logam dengan uang kertas baru sehingga bisa lebih dimanfaatkan dalam kegiatan sehari-hari.

Kegiatan Peduli Koin Rupiah akan digelar di halaman Gedung BI Jatim di Jl Pahlawan Surabaya, Minggu (19/1/2020) mulai pukul 07.00 hingga 14.00.

Kepala Perwakilan BI Provinsi Jatim Difi A  Johansyah mengatakan selama ini masyarakat lebih suka menyimpan uang logam di rumah. Uang logam jadi tidak berputar di masyarakat  ataupun kembali ke BI.  Padahal meski uang logam itu kecil nilainya, tapi besar manfaatnya. Dan kebutuhan terhadap uang logam di Jatim cukup besar. “Lewat kegiatan Peduli Koin Rupiah kami ingin menarik uang logam yang disimpan masyarakat dan menggantinya dengan uang pecahan baru sehingga bisa lebih dimanfaatkan masyarakat,” katanya dalam acara Bincang Bersama Media (BBM),  Jumat (17/1/2020).

Selanjutnya uang logam yang sudah ditarik dari masyarakat, akan dirapikan oleh BI dan diedarkan kembali. Karena itu pihaknya mengundang seluruh masyarakat Surabaya dan sekitarnya untuk hadir dan meramaikan kegiatan Peduli Koin Rupiah. “Ajak keluarga dan teman, bawa dan tukarkan uang logam sebanyak-banyaknya serta ikuti berbagai kegiatan menarik di BI Jatim.” ujarnya dalam acara BBM (Bincang Bareng Media) di gedung BI Jatim, Jumat (17/01/20).

Difi menjelaskan total modal yang telah disiapkan untuk kegiatan Peduli Koin Rupiah adalah sebesar Rp 1,75 miliar dan terbuka kemungkinan menambah modal jika antusiasme masyarakat tinggi. Jika masyarakat tak sempat menukarkan uang logamnya pada Minggu (19/1/2020), terbuka melakukan penukaran karena pihaknya telah bekerjasama dengan 20 perbankan dalam penukaran uang koin.

Deputi Kepala Perwakilan BI Provinsi Jatim Harmanta menjelaskan, sepanjang tahun 2017-2019, hanya 1,74% dari uang logam yang telah diedarkan yang kembali ke Kantor Perwakilan BI Jatim. “Outflow uang logam yang keluar dari Kantor Perwakilan BI Jatim tercatat sebesar Rp 125,506 miliar, sementara inflow nya hanya sebesar Rp 2,189 miliar,” jelas Harmanta.

Sementara Kepala Divisi Sistem Pembayaran dan Pengelolaan Uang Rupiah Kantor Perwakilan BI Jatim Abrar menerangkan jika ingin menukarkan uang logamnya, masyarakat cukup datang langsung ke Bank Indonesia dengan membawa uang logam yang sudah dipilah-pilah berdasarkan pecahan dan tahun emisi uang. “Logam akan ditukar dengan uang kertas sesuai nilainya,” lanjut Abrar.

Dia menambahkan, setiap penukaran uang logam senilai minimal Rp 50.000 atau kelipatannya akan mendapatkan kupon undian doorprize berhadiah motor, LED TV, sepeda gunung hingga handphone dan tablet.

Tidak hanya penukaran uang logam, tutur Abrar, pada kegiatan tersebut juga akan diadakan berbagai kegiatan seperti lomba desain tote bag bagi siswa SD, lomba cerdas cermat, lomba ibu kreatif memasak, hingga bazaar bahan pokok, food bazaar dari aneka start up kuliner di Surabaya serta Festival Buku Murah. “Kegiatan Peduli Koin Rupiah ini juga akan diramaikan oleh Pasha Ungu sebagai bintang tamunya.” ungkap Abrar. tis

Daftar pecahan uang logam yang dapat ditukarkan :

No       Pecahan Uang         Tahun Emisi

1          Rp 1                           1970

2          Rp 50                         1999

3          Rp 100                       1999

4          Rp 200                       2003

5          Rp 500                       1997

6          Rp 500                       2003

7          Rp 1.000                    1993

8          Rp 1.000                    2010

9          Rp 100                       2016

10       Rp 200                        2016

11       Rp 500                        2016

12       Rp 1.000                     2016

 

 

baca juga :

Kick Off Meeting SUMP Gerbangkertosusila Plus, Gubernur Khofifah Optimistis Konektivitas Akan Ungkit Perekonomian Jatim

Redaksi Global News

Legislator Surabaya Bantu Kursi Roda Warga Tak Mampu

Life Of Silence, Film Karya Mahasiswa UK Petra Sorot Kehidupan Difabel Tuli di Indonesia

Redaksi Global News