Global-News.co.id
Indeks Metro Raya Utama

PKS Jatim Gelar Apel Siaga Tanggap Bencana, Siap Terjunkan Relawan ke Daerah

DPW PKS Jatim menggelar Apel Siaga Bencana dengan mendatangkan para koordinator Relawan PKS dari beberapa daerah rawan bencana di Jatim, Jumat (10/1/2020).

SURABAYA (global-news.co.id) – Dewan Pengurus Wilayah Partai Keadilan Sejahtera (DPW PKS) Jatim menggelar Apel Siaga Bencana dengan mendatangkan para koordinator Relawan PKS dari beberapa daerah rawan bencana di Jatim, Jumat (10/1/2020).

Para koordinator Relawan PKS yang hadir berasal dari beberapa daerah antara lain Gresik, Lamongan, Trenggalek, Bojonegoro, Kota Malang, Kabupaten Malang, Ngawi, Blitar, Surabaya, Sidoarjo, dan beberapa daerah lainnya.

Hadir sebagai Inspektur Apel Siaga, Ketua Umum DPW PKS Jatim Irwan Setiawan. Dalam amanatnya Irwan memberikan apresiasi atas kerja keras para relawan yang sudah terjun di beberapa daerah bencana.     “Saya dapat laporan Relawan PKS sudah turun di Gresik selama beberapa hari ini. Membantu saudara -saudara kita yang terkena imbas banjir aliran Bengawan Solo dan Kali Lamong. Kami sampaikan terima kasih dan saya berharap dapat terus dilanjutkan,” ujar Irwan.

Irwan juga mengingatkan bahwa melayani rakyat adalah DNA kader PKS. “Di tahun 2020 ini, kita sudah berkomitmen untuk semakin mengokohkan pelayanan kepada rakyat. Apalagi di masa rawan bencana seperti saat ini,” kata mantan Ketua Fraksi PKS DPRD Jatim ini.

Apel Siaga ini juga dihadiri oleh pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jatim. Dalam hal ini diwakili oleh Plt Kepala Seksi Pencegahan BPBD Dadang Iqwandy ST, MT. Dalam paparannya kepada para Relawan PKS, Dadang mengajak untuk selalu berkoordinasi dan berkolaborasi dalam penanggulangan bencana di lapangan. Juga memberikan pendidikan tanggap bencana kepada masyarakat luas. “Sampai 16 April 2020, Jawa Timur berada dalam masa siaga darurat bencana. Karena itu kita membutuhkan seluruh elemen masyarakat untuk bersinergi. Termasuk komunitas-komunitas relawan,” ujar Dadang.

Dalam Apel Siaga juga diluncurkan empat unit pembagian kerja dalam Relawan PKS, yakni Unit Dapur Umum, Unit Trauma Healing, Unit Medis, dan Unit Manajemen Pos dan Evakuasi. Peluncuran dilakukan dengan penyematan rompi dan topi kepada perwakilan masing-masing Unit.

Ketua Gerakan Tanggap Bencana (GENTA) PKS Jatim Bustanul Arifin  menyampaikan bahwa pihaknya  membentuk 11 Pos Siaga Bencana di 11 titik daerah rawan bencana. “Jadi kawan-kawan relawan PKS yang hadir hari ini akan disebar ke 11 Pos Siaga Bencana secara bergiliran. Kami siapkan perlengkapan penanggulangan bencana untuk masing-masing unit seperti rompi, perahu karet, mobil, dan logistik siap pakai,” kata Arifin.

Acara Apel Siaga diakhiri dengan konvoi pelepasan  mobil dan ambulans Pusat Khidmat PKS yang mengantar Relawan PKS ke 11 Pos Siaga Bencana di Jawa Timur. ani

baca juga :

Liga 1: Suporter Jadi Kunci Penampilan Apik Persik Kediri

Redaksi Global News

KPU Kab. Madiun Gelar Media Gathering Sosialisasikan Tahapan Pemilu 2024

gas

Polresta Sidoarjo Luncurkan Gerai Vaksinasi Mobile Presisi

gas