Global-News.co.id
Indeks Metro Raya Utama

Perluas Pangsa Pasar di Amerika, Gubernur Khofifah Tawarkan Berbagai Kerjasama Ekonomi

Gubernur Khofifah menerima kunjungan Wakil Kepala Perwakilan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Washington DC – Amerika Serikat Iwan Freddy Hari Susanto di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Selasa (14/1/2020).

SURABAYA (global-news) – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menawarkan berbagai peluang kerjasama bidang ekonomi dan pengembangan sumber daya manusia  yang dapat  dilakukan dengan  Amerika Serikat. Hal ini penting dilakukan, dalam rangka memperluas pangsa pasar dan semakin memperkenalkan produk Jawa Timur di  Amerika Serikat (AS) serta menguatkan SDM Jawa Timur.

Tawaran tersebut disampaikan Khofifah sapaan lekat Gubernur Jatim saat menerima kunjungan  Wakil Kepala Perwakilan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Washington DC – Amerika Serikat Iwan Freddy Hari Susanto di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Selasa (14/1/2020).

“Beliau sebelumnya telah mengikuti rakor dubes seluruh dunia. Dan sebagai arek asli Jatim beliau menyampaikan bahwa ada ruang cukup luas untuk produk-produk dari Jatim agar bisa semakin dikenalkan di pasar Amerika,” terang Khofifah.

Khofifah menjelaskan, beberapa produk yang berpotensi untuk dikerjasamakan yaitu footwear atau alas kaki, tekstil dan produk tekstil (TPT), furniture dan perhiasan. Khusus untuk furniture dan perhiasan memang harus diperluas pangsa pasarnya karena termasuk salah satu yang terbesar di Indonesia adalah Jawa Timur.  Sedangkan, untuk produk minapolitan adalah udang.

“Potensi-potensi yang memungkinkan bisa diluaskan pasarnya di Amerika akan menjadi pintu baru bagi perluasan produktivitas produk-produk asal  Jatim. Karenanya, saya harap kita akan bisa memaksimalkan koordinasi agar secara faktual perluasan market di Amerika bisa dilakukan,” ujar gubernur perempuan pertama di Jatim ini.

Selain itu, Khofifah juga menawarkan kerjasama di bidang pendidikan dengan pemerintah Amerika Serikat.  Salah satunya, dalam bentuk beasiswa apa saja yang bisa menaikkan keterampilan atau skill. Ataupun berupa vocational training dan pertukaran pelajar (student exchange). Hal ini penting, untuk bisa meningkatkan SDM Jatim sekaligus  Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Jatim.

“Kami harap ada penguatan kerjasama juga di bidang pendidikan, baik berupa beasiswa, vocational training, maupun pertukaran pelajar. Beasiswa apa saja yang bisa menaikkan ketrampilan kami harap bisa dilakukan. Baik degree maupun non degree serta berbagai short course. Karena, selain untuk meningkatkan kompetensi, perluasan jejaring, juga akan bisa memberi dampak multiplier effect pada banyak hal,” tutup mantan Menteri Sosial ini.

Sementara itu, Wakil Kepala Perwakilan KBRI Washington DC Iwan Freddy Hari Susanto mengatakan, Jatim merupakan provinsi yang memiliki potensi yang sangat luar biasa di Amerika Serikat. Khususnya, dalam rangka mendongkrak nilai ekspor produk-produk unggulan dari Jatim.

Senada dengan Gubernur Khofifah Iwan menjelaskan, beberapa produk unggulan yang telah diidentifikasi memiliki potensi tinggi di Jatim diantaranya yaitu tekstil dan produk tekstil (TPT), furniture, elektronik, dan perhiasan.

“Produk-produk inilah yang ingin kita coba tingkatkan untuk bisa menembus pasar yang ada di Amerika Serikat,” imbuhnya.

Selain itu, pihaknya juga akan mengoordinasikan terkait kerjasama di bidang pendidikan sebagai bentuk upaya peningkatkan kualitas SDM di Jatim. Hal ini penting dilakukan, karena SDM merupakan salah satu program prioritas pemerintah pusat dan juga menjadi concern utama dari Gubernur Khofifah.

“Kegiatan ini merupakan awal, untuk selanjutnya kami akan menggali lebih detail terkait berbagai program kerjasama yang mungkin kami lakukan,” ujar Iwan. fan

baca juga :

Gerakan Pentahelix 5 Juta Masker Aice dan GP Ansor Dukung Stakeholder Jatim Lawan Corona

Redaksi Global News

Wadahi Anak Muda di Cyber Security, Banyuwangi Gelar Hacking Day Competition 3.0

Redaksi Global News

Covid-19, Dulu Lansia, Kini Fokus Anak

Titis Global News