Global-News.co.id
Indeks Pantura Utama

Pengunjung Wisata Pantai Kelapa Membeludak, Jalur Pantura Tuban Macet


Para pengunjung terlihat menikmati suasana wisata Pantai Kelapa Tuban.

Liburan panjang Natal 2019 dan Tahun Baru 2019 (Nataru) benar-benar dimanfaatkan masyarakat untuk berlibur. Suasana liburan Tahun Baru ini terlihat di wisata Pantai Kelapa Tuban.

 

Banyaknya jumlah pengunjung di tempat wisata Pantai Kelapa di Kelurahan Panyuran, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban pada libur tahun baru 2020, mengakibatkan kemacetan panjang di jalur Pantura Tuban itu, Rabu (1/1/2020).

Kemacetannya di jalan raya Tuban-Gresik itu terjadi selama beberapa jam lantaran banyak kendaraan wisatawan yang parkir di pinggir jalan nasional itu. Selain itu, juga akibat banyak wisatawan yang keluar masuk ke dalam lokasi wisata pantai tersebut serta menyeberang jalan.

Pantauan di lapangan, penumpukan arus kendaraan di jalur Pantura Tuban yang dari arah Tuban menuju Surabaya itu terjadi sampai di jalan Panglima Sudirman, Kota Tuban. Pusat titik kemacetan itu berada di sekitar depan pantai Kelapa Tuban yang terjadi lantaran membeludaknya jumlah pengunjung.

“Saya tadi dari mulai pertigaan manunggal sampai bisa lolos ini lebih dari satu jam. Macetnya parah sekali, kalau tau macet ya mending lewat jalan lain,” kata Yono (37), seorang pengemudi truk yang kebetulan lewat jalan deandels Tuban-Gresik, Tuban.

Kemacetan di sekitar wisata Pantai Kelapa Tuban itu lantaran keberadaan lokasi parkir untuk kendaraan para pengunjung sudah full. Sehingga membuat kendaraan mulai bus besar, bus kecil dan juga kendaraan mobil pribadi harus parkir di pinggir jalan raya itu.

“Memang ini akibat banyaknya parkir di sisi kanan-kiri jalan membuat arus padat. Padahal dari hasil rapat seharusnya bus harus dicarikan kantong parkir dan kendaraan kecil hanya boleh parkir di sebelah Utara jalan saja,” ungkap IPTU Jamhari, Kanit Turjawali Sat Lantas Polres Tuban.

Sementara itu, akibat kemacetan panjang yang sampai berdampak di jalur utama jalan Tuban-Surabaya membuat petugas dari Sat Lantas Polres Tuban langsung melakukan pengalihan arus. Yakni semua kendaraan dilewatkan mengarah ke selatan guna menghindari wisata Pantai Kelapa itu.

“Anggota sudah kita terjunkan di lapangan untuk melakukan penguraian arus tersebut mengingat jalur utara cukup padat. Arus kita alihkan untuk menghindari kawasan Pantai Kelapa, supaya tidak terjadi penumpukan kembali,” lanjutnya saat ikut melakukan penguraian kemacetan itu.  bej

baca juga :

Bupati Baddrut Tamam Motivasi Semangat Para Calon Praja IPDN

gas

Destinasi Edukasi Favorit Anak-anak, DKPP Surabaya Perkenalkan Mini Agrowisata

Walikota Eri Ajak Konjen RRT Sempurnakan Wisata Kya-kya

Redaksi Global News