Global-News.co.id
Indeks Metro Raya Utama

KPU Kota Surabaya Resmi Luncurkan SiRoy dan SiBoy Jadi Maskot Pilwali Surabaya

Peluncuran maskot yang berlambang Kota Surabaya ini yaitu Suro dan Boyo ini ditetapkan Kamis (16/1/2020) di kantor KPU Kota Surabaya Jl Adityawarman Surabaya.

SURABAYA (global-news.co.id)-   Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya kini memiliki maskot, mars dan jingle untuk Pemilihan Walikota-Wakil Walikota Surabaya 2020. SiRoy dan SiBoy. Peluncuran maskot yang berlambang Kota Surabaya  yaitu Suro dan Boyo ini ditetapkan Kamis (16/1/2020) di   kantor KPU Kota Surabaya Jl Adityawarman Surabaya.

Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan SDM KPU Kota Surabaya Subairi menyebutkan maskot, mars, dan jigle yang muncul merupakan hasil seleksi yang sebelumnya dilombakan oleh KPU Surabaya dan diikuti oleh peserta dari seluruh Jawa Timur. “Proses terciptanya maskot, mars, dan jingle itu adalah produk internal KPU. Itu diawali dengan diskusi dengan berbagai elemen termasuk seniman, pemusik dan lainnya,” jelas Subairi.

Dari hasil diskusi, kemudian dibuka pendaftaran lomba dimulai 19-29 Desember 2019 untuk menjaring peserta dari seluruh Jawa Timur. Kemudian pada 30 Desember dilakukan penjurian oleh dewan juri. Selanjutnya, pada 31 Desember 2019 dilakukan pengumuman dan pemberian hadiah untuk pemenang.  “Pemenangnya, juara 1 sampai 3, dan harapan 1 sampai 3, yang diserahkan pada Selasa, 31 Desember 2019 lalu,” ungkap Subairi.

Ditambahkan, dari lomba tersebut KPU mencatat ada jumlah peserta lomba yang mengirim materi baik maskot, mars dan jingle sebanyak 34 orang dari sejumlah daerah di Jawa Timur. “Untuk lomba maskot ada 34 orang pengirim, untuk jingle ada 28 pengirim, dan mars ada 19 pengirim,” terangnya.

Untuk maskot, yakni logo bergambar SiRo atau ikan Sura, dan SiBoy atau Buaya, dimenangkan oleh Siska Wahyu Prasetyanto dari Nganjuk.  Kemudian untuk mars dengan syair nyanyian ‘Suroboyo Nyoblos’, ‘Pemilihan Bermartabat, Surabaya Hebat’ dengan durasi tiga menit dimenangkan oleh Dian Wahyu Hudioro dari Surabaya. Selanjutnya untuk Jigle, dengan durasi 30 menit, dimenangkan oleh Fajar Setya Kurniaji dari Kabupaten Sampang Madura.

Untuk kriteria para pemenang, kata Wahyu Widodo komisioner KPU Surabaya lainnya, sebelumnya telah didiskusikan dan disepakati adalah yang mampu menampilkan kreativitasnya sesuai dengan ketentuan. “Misalnya, meliputi durasi dan pesan-pesan yang harus tersampaikan. Yakni untuk menggunakan hak pilih, tidak menggunakan politik uang, dan memenuhi ketentuan ‘Suroboyo Nyoblos,” tambah Wahyu.

Setelah launching maskot, mars, dan jingle Pilkada Kota Surabaya, pihaknya akan segera menyosialisasikan dan dikenalkan kepada masyarakat, di setiap even atau acara yang berkaitan dengan Pilkada Kota Surabaya 2020. Untuk diketahui, pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Surabaya, terjadwal digelar 23 September 2020 bersamaan dengan Pilkada di 18 kabupaten/kota lain di Jatim. ani

baca juga :

Kodim 0816 Sidoarjo Gelar Karya Bhakti Kemanunggalan TNI Bersama Warga Prasung

Redaksi Global News

Stakeholder Bergotong Royong Beri Bantuan via Pemkot Surabaya

Redaksi Global News

Buka Usaha Ikan Asap Jelang Pandemi, Peminatnya hingga Sumatera

Redaksi Global News