Global-News.co.id
Indeks Metro Raya Utama

e-Tilang di Surabaya Diberlakukan Mulai 14 Januari

Polda Jawa Timur akan melakukan uji coba selama tujuh hari pemberlakuan tilang elektronik atau e-Tilang di Kota Surabaya mulai Selasa (14/1/2020) mendatang.

SURABAYA (global-news.co.id)  – Warga Surabaya mulai pekan depan perlu waspada dalam berkendara. Polda Jawa Timur akan melakukan uji coba selama tujuh hari pemberlakuan tilang elektronik atau e-Tilang di Kota Surabaya mulai Selasa (14/1/2020) mendatang. Uji coba akan dilakukan sepekan.

Dirlantas Polda Jatim Kombes Pol Budi Indra Dermawan mengatakan, e-Tilang merupakan sistem penegakan hukum lalu lintas berbasis teknologi informasi. Dalam praktiknya, sistem ini menggunakan perangkat elektronik berupa kamera.

Kamera akan mendeteksi jenis pelanggaran lalu lintas dan menyajikan data kendaraan bermotor secara otomatis atau Automatic Number Plate Recognition. Selanjutnya rekaman e-Tilang akan digunakan sebagai barang bukti dalam perkara pelanggaran lalu lintas. “Uji coba akan dilakukan selama sepekan dengan target minimal 100 pelanggar selama sehari,” kata Budi di Mapolda Jatim, Selasa (7/1/2020).

Menurut Budi, e-Tilang sementara akan diterapkan di Kota Surabaya. Meski demikian tak menutup kemungkinan akan merambah ke kota dan kabupaten lain di wilayah Jatim.

“Baru Surabaya dulu, nanti Bapak Kapolda akan mengimbau juga pemerintah kabupaten/kota untuk bisa menindaklanjuti ini memasang beberapa titik di daerahnya masing-masing,” ucapnya.

Budi mengatakan dalam beberapa bulan terakhir, pihaknya sudah secara intens melakukan sosialisasi. Diharapkan masyarakat akan semakin patuh.

Budi mengimbau masyarakat untuk tetap tertib di jalanan jika tak ingin mendapatkan “surat cinta” dari polisi. “Nanti penegakan hukum sudah sistem e-Tilang dengan CCTV. Untuk itu kami imbau masyarakat untuk lebih tertib berlalu lintas dan peraturan yang ada,” katanya. pur, ine

 

baca juga :

PON XXI Aceh-Sumut: Tim Drumband Jatim Targetkan 17 Medali

Redaksi Global News

Demo Mahasiswa IMM, Personel Polresta Sidoarjo Amankan dengan Humanis

Redaksi Global News

Maung Bandung Manfaatkan Jeda Panjang Pertandingan

Redaksi Global News