Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis Indeks Utama

Bisnis Properti di Gresik Terbuka Lebar

Apartemen Icon Mall sekitar 70 persen pembelinya adalah orang Surabaya dan Gresik.

GRESIK (global-news.co.id) – Potensi bisnis apartemen di Kabupaten Gresik dinilai masih potensial. Ini terjadi karena supply high rise building di Kota Satelit ini terbilang kecil. Hal ini disampaikan oleh Teddy Tsu, Director TDS Property Consulting, Rabu (15/1/2020).

Sepanjang tahun 2019, Ia mengungkapkan jika supply untuk apartemen di Gresik tidak sampai 3.000 unit. Bandingkan dengan Surabaya yang jumlahnya hampir tembus 60 ribu unit.

Di Gresik, pemainnya pun hanya dua, yaitu PT Raya Bumi Nusantara Permai (RBNP) atau pengembang apartemen Icon Mall dan Gunawangsa. “Sedangkan untuk unit apartemen di Gresik kelasnya masih middle. Dari harga jual sudah terlihat, per meter persegi di Gresik tidak sampai Rp 9 juta, sedangkan di Surabaya sudah Rp 18 juta,” terang Teddy yang juga menjadi konsultan apartemen di Icon Mall milik RBNP.

Namun itu tidak menampik jika mindset masyarakat Gresik masih memilih hunian flat atau rumah dibandingkan apartemen. Namun pembeli apartemen di Gresik cukup banyak dari Surabaya.

Seperti di apartemen Icon Mall sekitar 70 persen pembelinya adalah orang Surabaya dan Gresik. Sisanya berasal dari Lamongan dan Sidoarjo. Icon Mall sepanjang 2019 menyuplai sekitar 1.540 unit apartemen. Yang terbagi dalam dua tower. Dimana Tower A dan B masing-masing 770 unit.

“Tower A sudah terjual 650 unit sedangkan Tower B baru 300 unit. Di akhir Semester I 2020, kami akan serah terima untuk Tower A,” ungkap RE Sudrajat, GM PT RBNP.

Ia pun mengungkapkan jika harga jual unit apartemen di Icon Mall sudah meningkat hampir dua kali lipat. Di awal pembukaan paling murah Rp 180 juta, sekarang sudah Rp 300 juta.

Namun ia mengungkapkan jika Strata Title atau surat kepemilikan Tower A belum diterbitkan oleh Pemerintah setempat, meskipun hampir diserahterimakan. sep

baca juga :

Realisasi Pendapatan Daerah Provinsi Jatim Tahun Anggaran 2020 Capai 104,94%

Titis Global News

Bupati Optimis RSUD Dr Slamet Martodirjo Naik Jadi Type B Plus

gas

Komisi A Minta Pemprov Jatim Alokasikan Anggaran untuk Rekrutmen Tenaga P3K

Redaksi Global News