Global-News.co.id
Indeks Metro Raya Utama

Pertamina Apresiasi Polda Jatim Ungkap Penyelewengan Solar Bersubsidi

Polda Jatim melakukan inspeksi ke SPBU 54.691.01 di Desa Karang Panasan Kecamatan Blega Kabupaten Bangkalan.

SURABAYA (global-news.co.id) – Pertamina MOR V Jatimbalinus memberikan apresiasi kepada jajaran Kepolisian Daerah Jatim yang  mengungkap penyelewengan Bahan Bakar Minyak (BBM) Solar yang dijual ke sejumlah industri di wilayah Madura.

Kasus tersebut terungkap, setelah Polda Jatim melakukan inspeksi ke SPBU 54.691.01 di Desa Karang Panasan Kecamatan Blega Kabupaten Bangkalan.

“Hal tersebut merupakan tindak pidana karena sangat merugikan masyarakat dan negara. Solar di SPBU merupakan produk yang memperoleh subsidi dari pemerintah, yang telah diatur penerima yang berhak, dan telah ditetapkan volumenya,” jelas Unit Manager Communication, Relations, & CSR MOR V – Jatimbalinus Rustam Aji dalam keterangan tertulisnya, Kamis (12/12/2019).

Sesuai dengan sesuai UU Migas No 22 Tahun 2001, fungsi Pertamina adalah sebagai salah satu badan usaha, sebagai operator, dengan menjalankan peraturan perundangan yang berlaku. Untuk pelaksanaan pengaturan dan pengawasan kegiatan usaha (regulator) adalah kewenangan pemerintah, termasuk di dalamnya unsur Kepolisian dan Pemerintah Daerah.

Pertamina memiliki kewenangan pengawasan sampai ke lembaga penyalur resmi, dalam hal ini SPBU Pertamina. Dengan lembaga penyalur resmi, Pertamina berhak memberikan sanksi administratif, sesuai kontrak dengan lembaga penyalur. “Pertamina memberikan sanksi administratif berupa penghentian sementara pasokan Solar ke SPBU, sampai dengan statusnya ditetapkan oleh pihak Kepolisian,” kata Rustam.

Selama SPBU 54.691.01 tidak menyalurkan Solar, masyarakat bisa memperoleh Solar di SPBU terdekat, yaitu di SPBU 54.692.09 Jl  Raya Jrengik, Ds  Panyepen Sampang, yang berjarak sekitar 4 km, atau di SPBU 53.691.12 di Jl Raya Galis Blega Bangkalan, yang berjarak sekitar 9 km dari lokasi. fan

baca juga :

Tutup Program RTLH, Gubernur Khofifah Siapkan Hunian Lebih Berkualitas Tahu Depan

Redaksi Global News

Wabup Subandi Tegur Kontraktor Proyek Plengsengan Desa Singogalih

gas

Kapolresta Sidoarjo Baksos di Slum Area Porong

Redaksi Global News