Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis Utama

Pastikan Pasokan BBM di SPBU Tol Aman: Pertamina Melayani, Berbagi, Mengedukasi

SURABAYA (global-news.co.id) – Perayaan Natal 2019 dan jelang Tahun Baru 2020, Pertamina terus bergerak menjalankan perannya untuk menyediakan energi bagi masyarakat. Pada setiap momentum tahunan ini, Pertamina memastikan seluruh unit operasi siap melayani, sekaligus berbagi dan mengedukasi masyarakat, baik yang sedang merayakan Natal maupun yang menikmati liburan bersama keluarga.

Direktur Pemasaran Ritel Pertamina, Mas’ud Khamid, menjelaskan, setiap tahun, Pertamina selalu mengaktifkan Satgas menjelang hari besar keagamaan yang memiliki waktu libur panjang, seperti Ramadan, Idul Fitri, Natal, dan Tahun Baru.

“Biasanya kami menggulirkan tiga program besar, yaitu Pertamina Melayani, Pertamina Mengedukasi, dan Pertamina Berbagi. Kali ini, kami juga melakukan hal yang sama,” ujar Mas’ud Khamid di sela-sela kunjungannya selama dua hari memantau penyediaan BBM di SPBU sepanjang tol Trans Jawa.

Untuk melayani kebutuhan energi, lanjut Mas’ud, Pertamina telah memastikan pasokan BBM dan LPG aman dan mencukupi di setiap wilayah. Saat mengunjungi SPBU 51.632.22 Rest Area KM575A – Ngawi, dia langsung mengecek kondisi pendistribusian BBM. Data dari pengelola SPBU menunjukkan bahwa terjadi lonjakan konsumsi dari kondisi normal sekitar 11.3 Kiloliter (KL) per hari menjadi 44 KL dengan persentase kenaikan tertinggi pada produk BBM unggulan seperti Pertamax Turbo yang naik 230%, Pertamax (500%), Pertamina Dex (700%), dan Dexlite (300%), Pertalite (430%) dan Biosolar (150%).

“Secara nasional, volume BBM yang disediakan pun meningkat. Untuk gasoline sekitar 3,5-4% dari pasokan normal, gasoil 7%, sedangkan di jalan tol yang menjadi jalur utama mudik dinaikkan mencapai 16-25%,”ungkapnya.

Pada kunjungan di SPBU Trans Jawa tersebut, Direktur Pemasaran Ritel Pertamina Mas’ud Khamid juga memastikan layanan tambahan tersedia pada setiap titik rest area di ruas tol Trans Jawa. Layanan tersebut meliputi SPBU Kantong di 123 titik, 200 Pertamina Delivery Service di 19 titik dan Kiosk Pertamax sebanyak 4 titik.

Layanan ini diluar fasilitas Pertamina pada jalur utama mudik yakni jalur Pantura (Pantai Utara) Arteri sebanyak 219 SPBU, Jalur Pansela (Pantai Selatan) sebanyak 77 SPBU, Jalur Tol Jawa 72 SPBU, Jalur Tol Sumatera 14 SPBU dan Jalur Tol Kalimantan 1 SPBU.

“Selain menyiagakan energi di kota-kota jalur mudik, Pertamina juga menyiapkan kantong-kantong BBM di sekitar tujuan wisata dan spot-spot yang menjadi tujuan bermalam tahun baru,” imbuhnya.

Untuk melengkapi layanan dengan ketersediaan pasokan yang cukup, Pertamina juga mengedukasi masyarakat dengan memaksimalkan implementasi Cashless Payment untuk melakukan transaksi di SPBU.

“Untuk mengedukasi, tahun ini kami dorong agar masyarakat menggunakan sistem pembayaran cashless. Karena itu, setiap SPBU di jalur mudik kami siapkan sarana untuk pembayaran nontunai. Selain mudah, ini juga demi keamanan konsumen selama perjalanan liburan,” jelas Mas’ud Khamid.

Menurut GM Pertamina Marketing Operation Region V Jatim, Balinus Werry Prayogi yang ikut memantau penyaluran BBM di jalur tol Trans Jawa, pada momentum Natal 2019 ini, Pertamina juga berbagi kebahagian kepada masyarakat.

Melalui Marketing Operating Region V wilayah Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara, Pertamina memberikan bantuan berupa paket tas dan alat tulis untuk Panti Asuhan Rumah Kasih Debora dan Panti Asuhan Bhakti Luhur. Selain itu juga diberikan dana santunan untuk Panti Jompo Wisma Asih dan Panti Asuhan. Bantuan juga diberikan kepada rumah ibadah berupa Sembako dan inventaris untuk Gereja Immanuel, serta bantuan 6 Gereja di Nusa Tenggara Timur dengan total 1,2 M.

“Ini bentuk kepedulian perusahaan pada masyarakat yang sedang merayakan Natal dan Tahun Baru. Kami berharap bantuan ini dapat meningkatkan kualitas beragama penerima manfaat,”ucap Werry.

Sementara itu, kepada pengendara yang ditemui di SPBU, Mas’ud Khamid mengingatkan bila membutuhkan informasi tentang lokasi SPBU atau ada kendala di perjalanan, mereka bisa menghubungi Pertamina Call Center 135 atau dapat men-download aplikasi MyPertamina di gadget masing-masing.

Saat ini, masyarakat pun dapat bertransaksi di SPBU sekalipun tanpa membawa uang cash dengan beragam promo menarik menggunakan Link Aja yang sudah terhubung dengan aplikasi My Pertamina. (fan)

baca juga :

Risma Apresiasi Peraih Penghargaan KP KAS 2020 yang Tetap Berprestasi meski di Tengah Pandemi

Redaksi Global News

Lansia ITS Divaksin, Menteri Kesehatan Turut Meninjau i-nose c-19

Titis Global News

Komunitas Sepeda Onthel Sidoarjo Dukung Gus Muhaimin Capres 2024.