Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis Indeks Utama

Mantan Bos Bank Mandiri Zulkifli Zaini Jadi Dirut PLN

Zulkifli Zaini

JAKARTA (global-news.co.id) – Menteri BUMN Erick Thohir menyatakan bahwa mantan Direktur Utama PT Bank Mandiri (Persero) Zulkifli Zaini ditunjuk menjadi bos baru PT PLN (Persero). Zulkifli menggantikan Dirut Sofyan Basir dan Plt Dirut Sripeni Inten Cahyani.

Zulkifli Zaini saat ini merupakan Komisaris Independen BNI sejak 17 Maret 2015 dan pernah menjadi Dirut Bank Mandiri di 2010-2013.

Selain menunjuk Zulkifli, pemerintah juga mengangkat mantan Wakil Ketua KPK Amien Sunaryadi menjadi Komisaris Utama. Kepastian penunjukan tersebut disampaikan Erick melalui pernyataan tertulis yang dikeluarkan di Jakarta, Senin (23/12/2019) siang.

Erick mengatakan penunjukan kedua orang tersebut dilakukan dengan alasan sepak terjang keduanya. “Baik Pak Amien maupun Pak Zulkifli memiliki rekam jejak yang sangat baik, siap berkeringat dan berakhlak. Sama dengan Dirut danKomut BUMN lainnya. Saya akan intens bertemu secara reguler setiap bulan untuk memastikan berbagai rencana besar yang menjadi prioritas pemerintah,” ucap ErickThohir, Senin (23/12/2019).

Erick mengatakan kedua tokoh tersebut diberi tugas besar di PLN. Salah satunya, merealisasikan rasio elektrifikasi di Indonesia hingga menciptakan tarif listrik yang efisien baik untuk masyarakat maupun industri.

Selain itu, mereka juga diberi tugas untuk meningkatkan penggunaan energi baru terbarukan sebagai sumber listrik. “PLN juga akan membentuk ekosistem bisnis yang sehat dengan swasta, BUMD dan BUMDes dalam memproduksi listrik. PLN akan fokus pada distribusi,” tegas Erick.

Sebelumnya, posisi Direktur Utama PLN kosong cukup lama. Tugas utama dirut perusahaan negara tersebut dipegang oleh pelaksana tugas. Kekosongan terjadi setelah Sofyan Basir ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK dalam kasus korupsi pembangunan PLTU Riau-1. jef, ejo, cnn, ins

baca juga :

Kasus Bunuh Diri Novia, Netizen Serbu Akun Polri soal Tersangka Randy

Redaksi Global News

Rupiah Pimpin Pelemahan Mata Uang Asia

Redaksi Global News

Citraland dan Empat Kecamatan Gelar Festival Bazaar UMKM Surabaya