Global-News.co.id
Indeks Pendidikan Utama

Mahasiswa Unair Ciptakan Skin Care dari Racikan Nusantara

TIM Haira Nusantara saat Event KMI Expo di Batam.

SURABAYA (global-news.co.id) – Berawal dari keinginan untuk mengikuti event Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia (KBMI), lima mahasiswa Universitas Airlangga (Unair) berhasil ciptakan produk kecantikan berbahan rempah-rempah alami. Mereka adalah Salsyabila Putri Pratama, Latifah Ayu Prameswari, Putri Rizky Maysaroh, Charisma Agustin, dan Annisa’ Hanif.

Produk yang berhasil diciptakan dan sudah terdistribusi di empat provinsi itu diberi nama Haira Nusantara dengan mengangkat tagline Kecantikan Nusantara. Haira yang notabenenya wirausaha baru seumur jagung sudah mengantongi prestasi juara I pada ajang KBMI 2019 di Batam.

Ditemui pada sela perkuliahan, Salsyabila menceritakan awal mulanya tim Haira membuat produk masker kefir yang bekerjasama dengan peternak sapi di Dusun Laharpang Desa Puncu Kabupaten Kediri. Tidak berhenti di situ, tim Haira memutuskan untuk mengembangkan produknya berupa scrub kopi yang bahannya diambil dari kopi kelud di Dusun Laharpang.

“Keunggulan Haira yakni kami menggunakan bahan alami tanpa pengawet maupun bahan kimia lainnya. Selain itu kami juga memberikan edukasi pada kastemer supaya lebih paham sejarah produk yang kami jual serta dapat membuatnya sendiri di rumah,“ ungkapnya, Kamis (12/12/2019).

Haira memiliki misi untuk mencari racikan produk kecantikan asli nusantara dan memasarkannya hingga ranah internasional. Hal tersebut dilakukan karena selama ini produk kecantikan organik kebanyakan dari Australia, padahal Indonesia memiliki banyak sekali racikan produk kecantikan asli nusantara yang berkualitas.

Seperti bedak lotong yang sudah mereka dapatkan resep racikannya dan telah dipasarkan, hal tersebut merupakan salah satu upaya tim Haira mengangkat kembali kearifan lokal. Selain itu, dengan diangkatnya produk kecantikan racikan nusantara diharapkan konsumen lebih mencintai produk lokal.

“Kita sebagai warga negara Indonesia harus bangga atas keragaman budaya serta produk asli nusantara yang memiliki sejuta manfaat. Produk racikan nusantara terbukti lebih aman daripada produk impor yang dominan menggunakan bahan kimia berbahaya,” ujarnya.

Saat ini sangat marak produk kecantikan terutama dari luar negeri yang menjanjikan hasil maksimal, seperti halnya pemutih kulit secara instan. Hal tersebut tentu sangat berbahaya, karena biasanya berupa obat maupun suntik dan berpotensi mengakibatkan efek buruk hingga kematian maupun alergi jangka panjang.

Lantas dengan hadirnya produk-produk berbahan rempah-rempah alami dari Haira Nusantara dapat menjadi solusi yang tepat. Menariknya, produk olahan tim Haira dapat digunakan oleh laki-laki ataupun perempuan.

“Kami selalu mengedukasi pembeli terkait penggunaan dan manfaat yang diberikan produk Haira, hal itu dilakukan sebagai bentuk terimakasih. Saat ini produk Haira telah terpasarkan di Surabaya, Yogyakarta, Jakarta, dan Bandung, kedepannya kami menarget luar pulau dan internasional,” jelasnya. tri

baca juga :

Liga 1: Pemain Anyar Persebaya Catat VO2Max Tertinggi

Catatkan Pertumbuhan Positif, Khofifah Dorong Bank Jatim Agresif Ekspansi ke Seluruh Indonesia

Redaksi Global News

Mulai Hari Ini Sidoarjo Terapkan PPKM di Bluru Kidul

gas