Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis Indeks Utama

Azerbaijan Jajaki Peluang Kerjasama Pariwisata dan Infrastruktur dengan Jatim

Pertemuan antara Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) Republik Azerbaijan untuk Indonesia Jalal Mirzayev dengan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa di Jogjakarta, Rabu (18/12/2019).

JOGJAKARTA (global-news.co.id) –  Negara Republik Azerbaijan menjajaki kerjasama di sektor pariwisata dan infrastruktur dengan Pemprov Jatim. Penjajakan tersebut ditandai dengan pertemuan antara Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) Republik Azerbaijan untuk Indonesia Jalal Mirzayev dengan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa di Jogjakarta, Rabu (18/12/2019).

Khofifah sedianya tengah menghadiri penganugerahan gelar Doktor (Honoris Causa) Sinta Nuriyah Abdurrahman Wahid dari Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Jogjakarta. Khofifah saat tatap muka mengatakan, bahwa poinnya Jatim terbuka untuk menjajaki peluang kerjasama dan investasi dengan berbagai negara, termasuk dengan Azerbaijan.

Terlebih, kata Khofifah, Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 80 Tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan Ekonomi kawasan Jawa Timur telah ditandatangani, dimana banyak peluang kerjasama di berbagai sektor yang sangat prospektif dan menguntungkan. Dalam Perpres tersebut, sedikitnya terdapat 218 proyek strategis nasional dengan nilai investasi mencapai Rp 292,4 triliun. “Peluangnya kerjasama masih sangat besar, mulai dari infrastruktur, pariwisata, industri maupun publik transportasi,” paparnya.

Dalam pertemuan itu, Khofifah juga menawarkan kepada Azerbaijan yang juga mayoritas penduduknya beragama Islam  untuk membuka rute wisata religi umrah dari Surabaya-Mekkah-Madinah plus Azerbaijan.

Nantinya, jika Azerbaijan tertarik dan mengadakan seminar pariwisata di Jatim, Gubernur Khofifah ingin mengundang dan mengajak para pelaku umrah untuk memasukkannya ke dalam paket umrah ditambah dengan ziarah ke makam Ibrahim Samarkan atau mengunjungi situs islam.

Karakteristik masyarakat Jatim, lanjut Khofifah, begitu mengagumi para wali-wali Allah. Bahkan dari sembilan wali yang ada di Indonesia, terdapat lima wali yang makamnya berada di Jatim. Belum lagi ditambah makam dari tokoh muslim seperti Gus Dur yang setiap tahun peziarahnya mencapai 2 juta orang lebih.

Menurutnya, ziarah wali ini merupakan potensi wisata religi yang jika dikemas bisa menjadi kunjungan wisata baik dari dalam maupun luar negeri. “Kami ingin membangun hubungan yang lebih dekat. Tidak sekadar ekonomi perdagangan saja, melainkan kerjasama di sektor pariwisata, budaya dan sosial. Kami ingin membangun komunikasi lebih dekat dengan Azerbaijan, sekaligus menawarkan proyek strategis nasional yang telah diputuskan pada Perpres 80 Tahun 2019,” paparnya.

Sementara itu, Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) Republik Azerbaijan untuk Indonesia Jalal Mirzayev mengatakan, kedatangannya menemui Gubernur Jatim untuk menjajaki peluang kerjasama yang produktif dan berkelanjutan. “Kami sangat senang bertemu dengan Gubernur Khofifah. Bahkan, sejak 10 tahun terakhir kami banyak mengetahui tentang kiprah ibu Khofifah terutama kegiatan maupun aktivitas sosialnya,” terangnya.

Dirinya mengatakan, bahwa saat ini Azerbaijan sangat berharap para muslim di Jatim setelah umrah bisa melanjutkan wisata religi ke Azerbaijan.

Bahkan, dirinya menyambut baik tawaran Gubernur Khofifah yang mempertemukan antara Pemerintah Azerbaijan dengan pelaku travel umrah yang menggabungkan paket umrahnya agar ditambahkan dengan wisata religi di Azerbaijan. erf

 

baca juga :

Asian Games: Anthony Ginting Tembus ke Perempat Final

Redaksi Global News

Pemkot Malang Sosialisasikan UMK 2020

Redaksi Global News

Percepat Pemulihan Ekonomi, Gubernur Khofifah Kucurkan Bantuan Rp 23,725 Miliar untuk Pemberdayaan Usaha Perempuan

Redaksi Global News