Global-News.co.id
Indeks Nasional Utama

4 Direksi Garuda Tak Kantongi Izin Jemput Pesawat Baru yang Bawa Harley

Konferensi pers soal onderdil Harley ilegal di pesawat Garuda Indonesia.

JAKARTA  (global-news.co.id)- Empat direksi Garuda Indonesia diketahui tidak mendapat izin untuk ikut menjemput Pesawat Airbus A330-900 dari Prancis. Pesawat tersebut merupakan armada yang digunakan Direktur Utama Garuda Indonesia I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra untuk mengangkut motor Harley Davidson yang bea dan cukainya tidak jelas.

“Keempat direktur ini, itu kalau menurut komite audit, dewan komisaris di tandatangani Pak Sahala (Komut) dan keempatnya tidak dapat izin dinas Kementerian BUMN,” ujar Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga  di Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat (6/12/2019).

Menurut audit komite Komisaris Garuda Indonesia, keempat direksi tersebut melanggar surat edaran Menteri BUMN 08/MBU/12/2015. Selain itu, kata Arya, yang sudah jelas salah adalah, pesawat Airbus itu merupakan armada untuk komersil.

“Jadi seharusnya tidak boleh muatan kargo. Sebab masih baru, kalau komersil sih sah-sah saja. Kemudian di samping itu komisaris mengatakan bahwa peswat tersebut langsung menuju hangar GMF tanpa parkir di apron jadi ada itikad tidak baik untuk menghindari pemeriksaan,” ujarnya.

Ada pun keempat direksi tersebut, Direktur Utama Garuda Indonesia I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra, Direktur Kargo dan Pengembangan Usaha Mohammad Iqbal, Direktur Human Capital Heri Akhyar dan Direktur Teknik dan Layanan Iwan Joeniarto.

Arya melanjutkan, menurut Komisaris Garuda apa yang dilakukan direksi perseroan berpotensi melanggar pidana dan perdaya. Hanya saja hal ini perlu pendalaman lebih jauh oleh pihak terkait seperti Bea dan Cukai serta Kepolisian. jef, kus, okz

 

baca juga :

Liverpool Kian Dekat Kunci Gelar Juara

Redaksi Global News

Awal 2017, 1.650 Penderita Gangguan Jiwa Masih Dipasung

Redaksi Global News

Wujudkan Rasio Elektrifikasi 100%, PLN Unit Induk Distribusi Jawa Timur Upayakan Listriki 13 Desa Tersisa

Titis Global News