Global-News.co.id
Indeks Metro Raya Utama

Ke Istana Negara, Gubernur Khofifah Dampingi Keluarga Alm KH Masjkur Terima Gelar Pahlawan Nasional

SURABAYA (global-news.co.id) – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa Jumat (8/11) siang ini ke Istana Negara untuk mendampingi keluarga Alm KH Masjkur untuk menerima Gelar Pahlawan Nasional Tahun 2019.

Aries Agung Paewai

Penganugerahan gelar pahlawan nasional kepada KH Masjkur tersebut akan diserahkan secara langsung oleh Presiden RI Joko Widodo di Istana Negara Jakarta. “Beliau diundang langsung oleh Istana untuk mendampingi keluarga KH Masjkur. Ini suatu kebanggaan dan wujud syukur pemerintah serta masyarakat Jawa Timur karena salah satu putera terbaiknya tahun ini dianugerahi gelar Pahlawan Nasional dari Presiden RI,” kata Kepala Biro Humas dan Protokol Pemprov Jatim Aries Agung Paewai di Kantor Gubernur Jatim Jalan Pahlawan 110 Surabaya, Jumat (8/11) pagi.

Diberikannya gelar pahlawan nasional kepada KH Masjkur, sebut Aries, karena jasa-jasanya yang ikut membela dan memperjuangkan kemerdekaan RI. Juga atas usulan masyarakat, sejarawan, dan pemerintah yang melihat perjuangan dan jasa-jasa KH Masjkur.

KH Masjkur yang lahir di Malang, 30 Desember 1904 pernah menjabat sebagai Menteri Agama Indonesia keenam yakni pada tahun 1947-1949 dan 1953-1955. Ia juga pernah menjadi anggota DPR RI tahun 1956-1971 dan anggota Dewan Pertimbangan Agung pada tahun 1968.

Keterlibatannya dalam perjuangan kemerdekaan menonjol di zaman pendudukan Jepang, yakni sebagai anggota Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI). Masjkur juga tercatat selaku pendiri Pembela Tanah Air (Peta) yang kemudian menjadi unsur laskar rakyat dan TNI di seluruh Jawa. Ketika pertempuran 10 November 1945, namanya muncul sebagai pemimpin Barisan Sabilillah.

“Selain mendampingi keluarga K.H Masjkur di Istana Negara siang ini, pagi ini ibu juga diminta memberikan ceramah di Mabes TNI tentang pencegahan dan bahaya radikalisme di hadapan istri-istri Anggota TNI. Jadi ibu seharian ini beraktivitas di Jakarta,” terang Aries. fan, tis

baca juga :

Liga 1: Mantapkan Performa, Persebaya Siapkan Uji Coba

Redaksi Global News

Akibat Hujan Deras, Ratusan Rumah Warga di Jember Terendam Banjir

Redaksi Global News

Liga 1: Persebaya Kalah Tipis dari Bhayangkara FC

Redaksi Global News