Global-News.co.id
Indeks Metro Raya Utama

Wagub Emil Dardak Minta Start Up Tidak Lupakan Core Business

Wagub Jatim Emil Elestianto Dardak saat membuka Start Up Festival 2019 di Grand City Mall Surabaya, Kamis (24/10).

SURABAYA(global-news.co.id)-Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak meminta kepada para start up tidak hanya sekadar fokus pada teknologi digital saja. Tetapi, mereka juga harus memperhatikan core business seperti kualitas produk atau jasa itu sendiri. Sehingga, produk yang dihasilkan akan dapat bertahan lama dan memiliki daya saing.

Wagub Emil Dardak menjelaskan bila ada usaha yang bagus, berkualitas serta harganya kompetitif tapi tidak memahami teknologi digital, ibarat suara penyanyi yang bagus tapi demam panggung. Dan sebaliknya, bila terlalu fokus pada digital dan tidak memperhatikan kualitas produk, maka bisa diibaratkan seorang penyanyi berani manggung tapi suaranya fals.

“Jadi jangan lupa memikirkan kualitas produk dan core business kita. Kualitas produk dan jasa serta layanan kita itu penting. Kita ingin ekosistem start up besar bukan karena bakar uang, misal cuma punya 10 klien tidak masalah, tapi diseriusi dan terus berbenah apa yang bisa dibenahi,” jelasnya saat membuka Start Up Festival 2019 di Grand City Mall Surabaya, Kamis (24/10).

Menurutnya, start up adalah suatu inisiatif baru, yang mencerminkan kebaruan, progresif, dan thinking outsite the box.  “Jadi digital adalah keniscayaan tapi tujuan utamanya adalah core businessnya. Jadi bisa saja start up digital platformnya memanfaatkan yang lain misal gojek. Jadi bukan berarti start up tidak bisa bersinergi dengan yang sudah ada, misal gojek sendiri juga bisa melahirkan start up,” katanya.

Sementara di sisi lain, mantan Bupati Trenggalek itu menuturkan, bahwa untuk mengembangkan suatu produk UKM dan IKM bisa memanfaatkan jasa tenaga ahli. Misal urusan packaging, marketing, grafik desain, atau pembukuan bisa dikerjakan oleh konsultan yang membidangi tanpa harus merekrut pegawai di bidang tersebut.

Bila mengurusi packaging, sembari mengurusi pemasaran dan kualitas, seringkali jadi tidak fokus. Contohnya sekarang ada platform seperti projects.co.id yang disana menawarkan jasa freelancer baik di bidang desain grafis, marketing atau akuntansi. Ini bisa dimanfaatkan oleh para klien, seperti pelaku IKM dan UKM.

“Dulu orang kalau mau buat usaha perlu buat kantor yang ada bagian marketing dll. Sekarang mereka tidak perlu mempekerjakan banyak orang. Misal untuk pembukuan saya minta orang atau freelancer untuk mengurusi. Kita bisa memilih pakai jasa konsultan yang paling bagus,” katanya.

Emil mengatakan, trend freelancer saat ini sedang berkembang apalagi saat ini era gig economy. Dimana orang bisa bekerja untuk lebih dari satu klien. Ditambah problem ketenagakerjaan  sekarang adalah mencocokkan tenaga kerja dan perusahaan. Maka yang dicari perusahaan sekarang adalah jasa profesional.

“Untuk itu di Millenial Job Center (MJC) kami membantu mencarikan klien pertama bagi para talenta yang telah mendapat bimbingan dari mentor. Selain itu di MJC kami juga mengajarkan soal kemampuan komunikasi dengan klien serta disiplin diri karena seorang freelancer butuh disiplin diri. Seperti jangan mengerjakan pekerjaan mepet deadline karena hasilnya akan tidak bagus,” pungkasnya. fan

baca juga :

Liga 1: Mahesa Jenar Menyodok Masuk 2 Besar

Redaksi Global News

Kodim 0816 Sidoarjo Gelar Karya Bhakti Kemanunggalan TNI Bersama Warga Prasung

Redaksi Global News

Peringatan Hari Anti Narkoba Internasional, Gubernur Khofifah Wanti-Wanti Metamorfosis Narkoba