Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis Utama

Gubernur Khofifah Terima Dubes Inggris, Jalin Kerjasama Pendidikan dan Energi Terbarukan

SURABAYA (global-news.co.id) – Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, menerima kunjungan Duta Besar (Dubes) Inggris untuk Indonesia, Owen Jenkins, di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Selasa (27/8/2019).

Pertemuan antara Gubernur Khofifah dengan Dubes Owen itu membahas beberapa kerjasama potensial antara lain pendidikan vokasi khususnya las bawah laut, kursus bahasa Inggris bagi guru dan pesantren, penjajakan investasi energi terbarukan dan LRT serta kajian pengolahan limbah. Beberapa item sudah diikuti penandatangangan Nota Kesepahaman (MoU) di bidang pendidikan vokasi, kursus bahasa Inggris serta kajian pengolahan limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3).

Dengan ditandatanganinya MoU tersebut, Khofifah, sapaan lekat Gubernur Jatim itu berharap dapat mendorong serta memperkuat kerjasama antara Pemprov Jatim dan Inggris di berbagai bidang terutama di bidang pendidikan dan investasi.

Menurut Gubernur Khofifah, kerjasama pendidikan baik formal, informal dan non formal tersebut salah satunya dalam bentuk short course. Bahkan, sebutnya, kerjasama semacam ini pernah dilakukan antara Bristish Council dengan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) yang diantaranya diikuti para pengasuh pesantren usia muda yang sering dipanggil ‘Gus’ di Jatim.

“Kami berharap kerjasama pendidikan vokasi antara ITS dengan The Welding Institut akan memberikan tambahan keterampilan bagi anak muda di Jatim baik lulusan SMK maupun perguruan tinggi sehingga mereka memiliki skill dan kualifikasi seperti yang dibutuhkan dunia usaha dan dunia industri,” katanya.

Sementara itu di bidang investasi dan perdagangan, Khofifah mengundang para investor Inggris untuk bisa berinvestasi di Jatim. Apalagi 29,4 persen PDRB Jatim ditumpu dari sektor industri sehingga Jatim sudah masuk kategori provinsi industri.

“Kami punya banyak kawasan industri diantaranya Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE) sebagai kawasan industri terintegrasi. Selain itu kami juga sudah memiliki Surabaya Industrial Estate Rungkut (SIER) serta Pasuruan Industrial Estate Rembang (PIER). Untuk itu kami mengundang para investor untuk berinvestasi di Jatim,” jelasnya.

Lebih lanjut orang nomor satu di Jatim ini menjelaskan bahwa Inggris menyiapkan Rp. 50 Trilyun untuk investasi di Indonesia. Sebagian dari investasi tersebut untuk proyek tambahan Light Rail Transit (LRT) di Jakarta, Jawa Barat dan dirinya berharap juga ke Jawa Timur. Pembangunan LRT di Jatim ini sebagai bagian pengembangan koneksivitas Gresik, Bangkalan, Mojokerto, Surabaya, Sidoarjo dan Lamongan (Gerbangkertosusila). Selain itu, Dubes Inggris juga menyampaikan ketertarikannya untuk berinvestasi solar panel dan pengolahan sampah plastik menjadi energi listrik.

“Ini menjadi salah satu solusi dari masalah sampah plastik di Jatim. Mereka juga akan menyiapkan energi terbarukan di Jatim melalui solar panel. Lebih lanjut kami akan berkomunikasi dan berkoordinasi dengan staf dari Kedubes serta Deputi Infrastruktur Kemenko Perekonomian,” jelasnya.

Dalam pertemuan yang penuh kehangatan tersebut Khofifah sempat mengatakan bahwa dirinya adalah fans klub sepakbola asal Inggris yakni Manchester United (MU). Sedangkan Dubes Inggris mengaku sebagai fans klub sepakbola Arsenal.

“Kalau Surabaya sister city dengan Liverpool, kemudian Bapak Dubes fans Arsenal, maka saya adalah fans MU. Disini banyak fans dari MU, tapi kami membangun sportivitas,” jelasnya.

Sementara itu Dubes Inggris untuk Indonesia, Owen Jenkins melihat potensi kerjasama antara Jatim dan Inggris melalui penandatanganan MoU tadi. Tidak hanya itu, banyak perusahaan atau investor yang tertarik berinvestasi di Jatim terutama di bidang energi dan pengolahan limbah beracun.

“Soal penanganan limbah beracun ini juga menjadi perhatian para ahli di Inggris, jadi kami harap kerjasama ini dapat meningkatkan kualitas hidup manusia,” katanya.

Sedangkan di bidang pendidikan, lanjutnya, ada beberapa universitas di Inggris yang tertarik bekerjasama dengan perguruan tinggi di Indonesia, salah satunya tentang pendidikan teknik di Jatim. Dirinya berharap penandatanganan kerjasama ini akan menjadi awal dari banyak kerjasama yang akan terjalin. Provinsi Jatim sendiri merupakan provinsi pertama yang dikunjungi Dubes Owen usai ia menjabat sebagai Dubes Inggris. (fan)

baca juga :

Hanya di Irak, Pembeli Pertama Bayar Seikhlasnya

gas

Pandemi Covid-19 di India Mengganas, Pasokan Oksigen ke Rumah Sakit Langka

Redaksi Global News

Keluarga Ikhlaskan Kepergian Petinju Hero Tito