Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis Utama

Perbarindo Peringati Hari BPR-BPRS Nasional di Kediri

Kepala OJK Regional 4 Jawa Timur Heru Cahyono, mengibarkan bendera start.

KEDIRI (global-news.co.id) – Perhimpunan Bank Perkreditan Rakyat Indonesia (Perbarindo) Jatim mengadakan peringatan Hari BPR-BPRS Nasional yang dipusatkan di Taman Wisata Tirtoyoso Park, Jl. Jenderal Ahmad Yani 123, Banjaran, Kediri, Sabtu (13/7/2019), dengan menggelar “Fun Walk Puncak Hari Nasional BPR“. Hadir dalam acara tersebut, Kepala OJK Regional 4 Jawa Timur Heru Cahyono, Ketua Perbarindo DPD Jatim Sujanto hingga sejumlah direksi beserta staf BPR-BPRS di Jatim serta undangan lainnya.

Dalam sambutannya Heru menyampaikan apresiasinya kepada seluruh jajaran Pengurus Perbarindo, baik pengurus DPD Jawa Timur, maupun Pengurus DPK di seluruh Jatim, atas kerjasamanya yang baik serta peran aktifnya dalam upaya pengembangan industri BPR dan BPR Syariah di Jatim.

“Saya juga mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kesediaan Ibu Gubernur Jatim atau pejabat yang mewakilinya, karena telah hadir dalam acara ini,” kata Heru.

Heru lebih lanjut mengatakan, sektor keuangan di Jawa Timur saat ini mencatat kinerja yang positif, tercermin dari pertumbuhan volume usaha perbankan yang mencapai 8,22% (yoy) menjadi Rp 593,9 Triliun yang ditopang oleh pertumbuhan DPK sebesar 8,32% (yoy) menjadi Rp 554,7 Triliun dan Kredit sebesar 8,99% (yoy) menjadi Rp 482,4 Triliun. Hal tersebut tidak terlepas dari peran serta industri BPR di Jawa Timur yang terdiri dari 293 BPR Konvensional dan 27 BPR Syariah.

Hal yang patut kita banggakan, tambahnya, di antara kinerja positif perbankan Jawa Timur, BPR dan BPR Syariah mempu menunjukkan eksistensinya dengan mencatatkan pertumbuhan volume usaha 5,78% (yoy) menjadi Rp 16,1 Triliun, DPK 6,79% (yoy) menjadi Rp 10,6 Triliun, dan Kredit 8,74% (yoy) menjadi Rp 12 Triliun. Hal itu menunjukkan bahwa tingkat kepercayaan masyarakat Jawa Timur terhadap perbankan, khususnya BPR dan BPR Syariah mengalami peningkatan yang cukup baik.

Siap Melayani

Sementara itu, Dr. Ratna Widyanti, SE, MM, Ketua Bidang Litbang dan SDM Perbarindo Jatim mengatakan, seluruh kantor BPR-BPRS di Jatim siap melayani masyarakat Jatim di pelosok pedesaan hingga perkotaan dengan layanan yang ramah, cepat dan sesuai dengan aneka kebutuhan masyarakat. Baik tabungan, deposito dan kredit.

“Pilihannya tersedia secara konvensional maupun berdasarkan syariah,” kata Ratna.

Seperti diketahui, 21 Mei 2019 adalah Hari BPR-BPRS Nasional, dimana kita ketahui bahwasannya pada bulan tersebut bertepatan dengan bulan Suci Ramadhan. Oleh karena itu Hari BPR-BPRS Nasional diselenggarakan pada tanggal 13 Juli 2019 secara Nasional di 24 Provinsi di Indonesia.

Salah satu tujuan Hari BPR -BPRS Nasional adalah Membangkitkan semangat kebersamaaan, berbuat secara bersama-sama untuk memberitahu ke seluruh penjuru tanah air, bahwa Indonesia itu mempunyai kekayaan berupa 1600 BPR/BPRS lebih yang kepemilikannya adalah 100% INDONESIA, yang siap ikut berkontribusi untuk ikut memajukan Indonesia. (adv/fan)

baca juga :

Liga Korea: Media Korea Ramai Bahas Lonjakan Megawati

Redaksi Global News

Hari Guru Nasional 2021, Gubernur Khofifah Dorong Para Guru Upgrade Kemampuan dan Manfaatkan Ruang Digital

Redaksi Global News

Polresta Sidoarjo Gelar Nobar Film Sang Prawira

Redaksi Global News