Global-News.co.id
Indeks Metro Raya Utama

Mengerikan, Jalan Gubeng Dekat Proyek RS Siloam Tiba-tiba Ambles

SURABAYA (global-news.co.id) – Sebagian badan Jalan Raya Gubeng di Surabaya, Jawa Timur, tiba-tiba ambles pada Selasa (18/12/2018) sekitar pukul 22.00 WIB.

Jalan Gubeng yang ambles berada sekitar RS Siloam, toko tas Elizabeth, Bank Negara Indonesia, dan kantor Harian Kompas yang berada di jalan yang sama. Saat kejadian warga mendengar suara gemuruh. Sejumlah warga berlarian menjauh. “Ya sangat menakutkan,” kata seorang warga Rabu dini hari tadi.

Jalan dilaporkan ambles dengan kedalaman kurang lebih 15 meter dan lebar sekitar 50 meter.

Sejak jalan dilaporkan ambles oleh warga sekitar, petugas gabungan linmas dan PMK sudah berada di lokasi kejadian. Polisi lalu menyusul datang dan memasang garis polisi.

Meski sudah menjelang tengah malam, warga berbondong-bondong datang ke lokasi untuk melihat jalan yang ambles.

“Saya juga baru tahu. Tadi ke sini karena katanya ramai ada jalan ambles,” kata Dedi, salah satu warga di lokasi.

Penyebab amblesnya badan Jalan Raya Gubeng masih ditelusuri. Namun diduga terkait dengan proyek RS Siloam yang sedang dikerjakan di kawasan tersebut.

Lubang akibat amblesnya tanah atau yang dikenal dengan sinkhole itu, kata saksi mata, diduga lantaran pembangunan gedung basement RS Siloam di dekat jalan tersebut.

Guna memastikan apakah ada korban atau tidak pada amblesnya Jalan Gubeng, Kota Surabaya, sejumlah petugas penyelamat langsung menyisir lokasi kejadian.

Wakapolrestabes Surabaya AKBP Leo Simarmata mengatakan penyisiran ini dilakukan guna memastikan apakah ada korban di dalamnya atau tidak. Namun Wakil Wali Kota Surabaya Wisnu Sakti Buana menyebut tidak ada korban jiwa.

Kepala Bappeko Surabaya menyebut amblesnya jalan ini akibat dari kesalahan pengerjaan proyek.

Di dekat lokasi amblesnya jalan tersebut tengah berlangsung pengerjaan proyek basement ukuran besar.

“Dugaan sementara ini murni dampak dari masalah pengerjaan proyek ini,” ungkap Kepala Bappeko Surabaya Ery Cahyadi.
Dia menyampaikan, dugaan sementara amblesnya jalan utama itu karena dampak dari proyek besar, bukan tanah ambles secara tiba-tiba karena aktivitas alam.

Hal senada juga disampaikan Wakil Wali Kota Surabaya Wisnu Sakti Buana.

Wakil Wali Kota Surabaya Wisnu Sakti Buana memastikan penyebab Jalan Raya Gubeng Surabaya, Jawa Timur ambles terkait proyek RS Siloam dekat lokasi kejadian.

“Terkait pembangunan proyek di sisi jalan, proyek Siloam,” kata Wisnu dalam telewicara dengan Kompas TV, Selasa (18/12/2018) malam. (nas)

baca juga :

Terintegrasi dengan Pengadilan Negeri, Ini Inovasi Pelayanan Terbaru Dispendukcapil Surabaya

Redaksi Global News

Awal Januari Polda Jatim Berganti Pucuk Pimpinan

Redaksi Global News

Baru 56 Hari Kerja, Bupati Resmikan Mall Pelayanan Publik

gas