Global-News.co.id
Indeks Madura

Badrut Tamam Raih Penghargaan Bupati Peduli Unggulan Daerah

 

GN/Masdawi
Bupati Badrut Tamam bersama pengunjung melihat batik khas Pamekasan.

PAMEKASAN (global-news.co.id)-Bupati Badrut Tamam bersama tiga bupati  lainnya dari Pulau Madura mendapat penghargaan dari mentri  koperasi. Penghargaan diberikan karena mereka dinilai memiliki kepedulian yang tinggi dalam upaya memajukan dan promosi hasil produksi unggulan daerahnya.

Penghargaan diberikan pada saat empat daerah dari Madura yakni Pamekasan, Sampang, Sumenep dan Bangkalan menggelar pameran bersama produksi unggulan daerah, Rabu (5/12/2018) lalu, di Gedung Smesco Indonesia, Jakarta Selatan. Acara ini digelar bekerjasama dengan Skills Enterprise dan juga pebisnis lain yang ada di Jakarta. Pameran tersebut dibuka oleh menteri koperasi.

“Atas inisiatif dan upaya dalam memajukan dan mengembangkan hasil produk unggulan Madura tersebut, empat kabupaten di Madura mendapat penghargaan langsung dari menteri koperasi, dan penghargaan itu diterima langsung oleh empat bupati dari Madura tersebut,” kata Kepala Dinas Koperasi dan UKM Pamekasan Drs Ec Jon Yuliyanto MM, Selasa (11/12/18).

Jon Yuliyanto menjelaskan pameran promosi produk unggulan Madura di Jakarta ini merupakan tindak lanjut dari kesepakatan  bersama empat bupati di Madura pada acara Semalam di Madura, tanggal 28 Oktober 2017 lalu. Saat itu empat bupati di Madura sepakat untuk bersama-sama mempromosikan produk unggulannya di Jakarta.

Pameran promosi produk unggulan daerah tersebut, kata Jon Yulianto, bertujuan meningkatkan dan mendorong agar usaha kecil menengah khususnya produk unggulan di daerah  mendapatkan perluasan pasar.

”Tema yang kita angkat, ‘Madura Menjemput Asa Menembus Batas’. Menjemput Asa artinya dimana ada harapan disitu kami lakukan. Menembus Batas artinya kami Madura akan menunjukkan bahwa kami bisa, maju dan berkembang sampai ke manca negara sekalipun,” ungkapnya.

Hari pertama pameran, kata Jon Yuliyanto, tepatnya tanggal 28 November 2018, stand Pamekasan diisi dengan pameran produk kuliner atau makanan khas Pamekasan misalnya campor lorju’, soto, sate dan jamu tradisional Madura. Selain itu ditampilkan juga karya seni budaya, di antaranya musik daul, tarian muang sangkal dan juga fashion batik.

Hari kedua, empat bupati se Madura bertemu para tokoh Madura yang ada di Jakarta, baik tokoh seni budaya, pebisnis. Mereka memberikan solusi untuk mempercepat kemajuan Madura. Dalam pameran itu stand empat kabupaten di Madura sempat mendapat kunjungan 125 calon duta besar yang akan ditempatkan di beberapa negara.

Jon berharap pameran produk unggulan Madura yang sudah diselenggarakan di Jakarta itu  mendapat sambutan baik oleh semua pihak. Dinas Koperasi, di empat kabupaten di Madura, kata Jon, akan terus bersama mempromosikan produk unggulan Madura. (mas/*)

baca juga :

Ada Ormas Anti-Pancasila Langsung Digebuk

nasir nasir

BPSDM Jadi Leading Sector Jatim Coorporate University

Redaksi Global News

Jelang Idul Adha, Puluhan Ekor Sapi dari NTT Tiba di Kalimas

nasir nasir