Global-News.co.id
Indeks Mancanegara Utama

Gelar Seni-Budaya, Mahasiswa Indonesia di Rusia Peduli Persatuan Bangsa

Sekretaris Pertama Fungsi Pensosbud KBRI Moskow, Enjay Diana, dan Wakil Pertama Rektor Rostov State Transport University, Aleksander Vartanovich Chelokhyan, melakukan pemotongan tumpeng pada pagelaran budaya Wonderful Indonesia di Rostov, 2 November 2018.

MOSKOW (global-news.co.id) – Mahasiswa-mahasiswa Indonesia di Rusia tidak hanya sibuk dalam menuntut ilmu, tetapi juga peduli terhadap persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia, serta turut mendekatkan hubungan antara bangsa Indonesia dengan Rusia.

Untuk itu, para mahasiswa yang tergabung dalam Perhimpunan Mahasiswa Indonesia di Rusia (Permira) dan didukung KBRI Moskow menyelenggarakan pagelaran budaya Indonesia dan kongres Permira ke-19 di Rostov on Don, sekitar 1.075 km ke arah selatan dari Moskow pada 2-3 November 2018.

Pagelaran budaya Wonderful Indonesia mengedepankan tema Zamrud Khatulistiwa. Sekitar 200 orang warga Rusia yang memenuhi gedung kebudayaan Rostov State Transport University seakan-akan bertamasya mengelilingi Indonesia menyaksikan keanekaragaman budaya dan tradisi Indonesia.

Sekretaris Pertama Fungsi Pensosbud KBRI Moskow Enjay Diana mengemukakan bahwa Indonesia dan Rusia merupakan negara multibudaya. Kerja sama budaya kedua negara sangat penting untuk lebih mendekatkan hubungan kedua bangsa. Saat ini, Rusia dan Indonesia, khususnya jarak antara Moskow dan Bali selangkah lebih dekat dengan adanya penerbangan langsung dari Moskow ke Denpasar sejak 28 Oktober 2018. Penerbangan ini memudahkan warga Rusia berkunjung ke Indonesia untuk berwisata dan mengetahui budaya Indonesia.

Pagelaran dikemas dalam sebuah drama yang menceritakan persatuan Indonesia atas perbedaan budaya dan tradisi dari Sumatera, Jawa, Bali, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, hingga Papua. Dalam pagelaran tersebut disajikan berbagai tarian dan nyanyian, serta penayangan video pariwisata dari daerah-daerah Indonesia tersebut.

Ketua panitia pagelaran Aryanto Rama Nur Rafi mengatakan makna pagelaran budaya ini untuk menyampaikan kepada masyarakat Rusia bahwa Indonesia merupakan negara yang memiliki keanekaragaman budaya dan tradisi, tetapi menjunjung tinggi persatuan.

“Indonesia adalah negara yang mementingkan persatuan. Kami berharap agar rakyat Indonesia, termasuk para mahasiswa Indonesia di Rusia dapat lebih mencintai Indonesia sebagai Indonesia yang seharusnya, yaitu berbeda-beda tetapi tetap satu,” kata Rama, mahasiswa Indonesia yang sedang mendalami bidang perkeretaapian di Rostov State Transport University.

Wakil Pertama Rektor Rostov State Transport University Aleksander Vartanovich Chelokhyan yang hadir pada pagelaran tersebut memberikan apresiasi tinggi atas penyelenggaraan pagelaraan budaya Indonesia. Menurutnya, para mahasiswa Indonesia tidak hanya semangat dan sungguh-sungguh dalam belajar, tetapi juga memiliki kemampuan besar dalam kreasi seni. Aleksander Vartanovich berharap lebih banyak lagi mahasiswa Indonesia yang belajar di Rostov State Transport University yang saat ini sebanyak 34 orang dari keseluruhan sekitar 530 mahasiswa Indonesia di Rusia.

Persatuan dan kesatuan bangsa di antara mahasiswa Indonesia yang sedang belajar di Rusia ditekankan oleh para mahasiswa Indonesia tersebut. Mereka datang dari berbagai kota di Rusia dan berkumpul di Rostov on Don menyelenggarakan kongres Permira ke-19 dengan tema Semangat Pelajar Demi Persatuan Bangsa.

Ketua Permira terpilih periode 2018-2019 Robby Ari Hidayat berharap Permira yang berdiri 20 tahun lalu dapat semakin solid lagi dan terwujudnya Permira sebagai wadah belajar dan berkreatvitas yang berlandaskan pada kebersamaan, kegotongroyongan, persatuan, dan menjadi kebanggaan diaspora dan insan pelajar Indonesia di Rusia. (Gatot Susanto)

baca juga :

Obat Antivirus Remdesivir, Inilah Tiga Merek  yang Disetujui BPOM

gas

Senin Besok Gaji ke-13 PNS Cair

Redaksi Global News

SIG Raih Empat Penghargaan Good Mining Practice 2023

Redaksi Global News