Global-News.co.id
Indeks Metro Raya Pendidikan Utama

Kenalkan Dunia Kedokteran ke Siswa SMA, FK Unair Gelar MEDSPIN 2018

SURABAYA (global-news.co.id) – Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (FK Unair) kembali menggelar lomba sains dan medis tingkat internasional (MEDSPIN-International Medical Science and Application Competition). MEDSPIN adalah lomba sains dan medis terbesar kedua se-Indonesia yang dimaksudkan untuk lebih mengenalkan dunia kedokteran kepada para siswa SMA sederajat.

Ketua MEDSPIN 2018, M.Abdurrahman Rasyid mengatakan, berbeda dengan penyelenggaraan sebelumnya, MEDSPIN yang tahun ini mengusung tema “Nutritional and Metabolic Disease” ini hadir dengan jenis kompetisi yang lebih bervariasi. Tidak hanya olimpiade, tapi juga ada lomba varian yaitu public poster dan cover jingle MEDSPIN 2018. Khusus jingle sudah pernah diadakan pada 2 tahun lalu dan kali ini dikembangkan lagi.

Pendaftaran dapat dilakukan dengan 2 cara, yaitu online dan offline. Pendaftaran secara online sangat mudah dilakukan yaitu dengan cara membuka website medspin kemudian membuat akun dan melakukan pembayaran via transfer. Sedang yang offline, jika tahun-tahun sebelumnya menggunakan formulir berupa kertas, tahun ini digunakan sistem voucher.

“Penggunaan sistem voucher bertujuan untuk mengurangi penggunaan kertas. Dengan sistem ini para peserta diuntungkan karena dapat menginput data mereka masing-masing sehingga keakuratan nama di sertifikat terjamin,” ujar Abdurrahman.

Yang juga menarik, kali ini siswa jurusan IPS maupun IBB pun berkesempatan ikut ambil bagian yaitu pada kategori lomba poster dan lomba cover jingle.
Pelaksanaan olimpiade MEDSPIN 2018 terdiri atas 6 babak, yaitu babak penyisihan, perempat final, semi final, tambahan, final, dan grand final. Babak penyisihan dilaksanakan secara offline di 28 kota di Indonesia dan secara online di 34 provinsi di seluruh Indonesia serta di negara-negara ASEAN serentak pada tanggal 4 November 2018. Lalu untuk babak selanjutnya akan dilaksanakan di FK Unair.

Peserta berkompetisi dalam tim, masing-masing tim terdiri dari 3 orang. Uniknya, tipe ujian dan kisi-kisi beserta buku-buku yang dapat dijadikan referensi dari setiap babak telah disebutkan secara lengkap pada website MEDSPIN FK Unair ini.

Tidak hanya itu, MEDSPIN FK Unair inipun juga memberikan soal-soal penyisihan dari tahun-tahun sebelumnya ditambah dengan adanya try out online yang diadakan 2 kali beserta pembahasannya.

“Sehingga para peserta pun akan merasakan banyak sekali manfaat yang didapat dengan mengikuti ajang olimpiade yang hanya diadakan sekali dalam setahun oleh Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga,” tambahnya.
Pada lomba poster, tersedia 4 subtema yaitu pencegahan gangguan gizi dan metabolisme, tanda-tanda gangguan gizi dan metabolisme, mempersiapkan nutrisi yang baik, dan perubahan sistemik akibat gangguan metabolisme. Penjuriannya akan dilakukan secara online dan 5 tim yang terpilih akan masuk ke babak selanjutnya untuk berkampanye menggunakan posternya secara langsung di MEDSPIN 2018.

Lomba poster ini memang masih terbilang baru, tetapi minat dari siswa-siswi SMA sangat tinggi sehingga banyak calon peserta yang bersaing untuk mendaftar pada cabang perlombaan ini.

Sedang lomba cover jingle, setiap kelompok maksimal beranggotakan 7 orang. Dengan menggunakan media sosial, youtube, para peserta cover jingle MEDSPIN dapat mengunggah video hasil aransemen mereka sekaligus memperkenalkan tim mereka ke khalayak. Batas pengumpulan video aransemen 28 Oktober 2018 diunggah di akun youtube masing-masing.

Abdurrahman menyebut, dari ke waktu ke waktu jumlah peserta MEDSPIN meningkat. Diharapkan tahun ini dapat memertahankan angka 5.000 peserta atau lebih.

Sebanyak 150 tim yang lolos dari babak penyisihan akan diundang ke Surabaya untuk mengikuti babak Perempat Final pada 17 November 2018. Pelaksanaan babak ini cukup unik yaitu dalam bentuk “Essay Rally”, di mana peserta akan mengerjakan soal di 31 pos yang tersebar di seluruh wilayah Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga dalam durasi waktu selama 150 menit. Babak Quarter Final akan dilanjutkan dengan babak Semifinal yang diadakan pada hari yang sama dan babak Final esok harinya, 18 November 2018.ret

baca juga :

2024 Siap Punya Rumah, Begini Kiatnya

Redaksi Global News

Harjalu 766, Pejabat Pemkab Ziarah Makam Raja Pertama Lumajang

Redaksi Global News

Awali 2024, 127 Personel Polri di Sidoarjo Peroleh Kenaikan Pangkat

Redaksi Global News