Global-News.co.id
Indeks Kesehatan Utama

Menko Puan: Penanganan Stunting Butuh Keterlibatan Semua Pihak

Menko PMK Puan Maharani saat memberikan sambutan dalam Pembukaan Widyakarya Nasional Pangan dan Gizi (WNPG) 2018 di Jakarta, Selasa (3/7).

 

SURABAYA – Masalah malnutrisi seperti gizi buruk dan stunting masih menjadi persoalan besar di Indonesia yang perlu diatasi segera. Penanganan stunting pun butuh keterlibatan masyarakat dan stakeholder terkait.

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Puan Maharani, mengatakan hal tersebut saat membuka Widyakarya Nasional Pangan dan Gizi (WNPG) 2018 di Jakarta, Selasa (3/7).  “Dengan gotong royong masyarakat dan stakeholder terkait, target penurunan stunting dapat tercapai,” ujarnya.

Indonesia termasuk salah satu negara yang belum mencapai target MDGs 1.2 terkait proporsi penduduk dengan asupan kalori di bawah tingkat konsumsi minimum.

“Persoalan stunting tidak saja menganggu pertumbuhan tumbuh anak, tetapi juga dapat menghambat perkembangan kecerdasan, serta menimbulkan kerentanan terhadap penyakit tidak menular dan penurunan produktivitas pada usia dewasa,” ujarnya.

Pemerintah, lanjutnya, telah melaksanakan intervensi penurunan stunting terintegrasi yang difokuskan pada 100 Kabupaten/Kota pada 2018. Pada 2019, upaya itu akan diperluas dengan mencakup 160 Kabupaten di Papua dan Nusa Tenggara Timur. Sementara itu, pada 2020 akan ditambah menjadi 390 Kabupaten/Kota dan menjadi 514 Kabupaten/Kota pada 2021.

Pendekatan terintegrasi dan konvergensi pencegahan stunting perlu dilakukan, baik di level Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, hingga tingkat desa.  “Stunting bukan sekadar masalah sektor kesehatan. Namun, juga terkait dengan akses pangan, layanan kesehatan dasar, termasuk akses air bersih dan sanitasi, serta pola pengasuhan,” ucap Puan.

WNPG 2018 sendiri berfokus pada upaya percepatan penurunan dan pencegahan stunting melalui revitalisasi ketahanan pangan dan gizi dalam rangka mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan.

“Ini merupakan forum lintas pemangku kepentingan yang dapat berperan secara strategis dalam upaya mempertemukan dan sinkronisasi berbagai program dan kebijakan pangan dan gizi dari berbagai perspektif,” kata Puan.

WNPG diharapkan mampu membangun kesadaran publik secara luas tentang keseriusan mengatasi stunting, termasuk bagi para akademisi, pihak industri, dan masyarakat. “Sekali lagi, penanganan stunting tidak hanya dilakukan pemerintah, butuh gotong royong dari seluruh pihak dan pemangku kepentingan,” ujarnya dalam acara yang dihadiri Wakil Presiden RI Jusuf Kalla, Menteri Kesehatan Nila F Moeloek, Menristek Dikti M Natsir, dan Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro.ret

 

 

baca juga :

Gubernur Khofifah Sampaikan Duka Cita Musibah NTT

Titis Global News

Wawali Soroti Jalan Rusak di Surabaya karena Truk Material Bangunan

Redaksi Global News

Meresahkan, Kominfo Minta Game ‘Pukul Guru Anda’ Diblokir

Redaksi Global News