Global-News.co.id
Indeks Pendidikan Utama

Tim Mobil Hemat Energi Indonesia Sapu Bersih Gelar DWC Asia  

GN/Istimewa
Mobil sapuangin ITS menjadi salah satu mobil hemat energi yang mewakili Indonesia dalam ajang dunia di London 8 Juli 2018.

SINGAPURA (global-news.co.id)-Tim mobil hemat energi asal Indonesia unjuk gigi dalam ajang Drivers’ World Championship (DWC) Asia 2018 yang digelar di Changi Exhibition Centre, Singapura, Minggu (11/3/2018).

Tiga tim mobil hemat energi tersebut antara lain Semar Urban UGM dan Garuda UNY serta Sapuangin ITS Surabaya. Ketiganya menempati posisi tiga teratas. Dengan posisi tersebut bakal tampil dalam DWC Grand Final di London pada 8 Juli 2018. Mereka bakal bertarung dengan tiga besar dari berbagai wilayah lain sedunia.

Tak hanya di posisi tiga besar, posisi lima besar dalam penyisihan tingkat Asia tersebut didominasi tim dari Indonesia. Tim Nogogeni ITS mengisi di posisi ke-4 dan tim Bumi Siliwangi UPI di posisi ke-5.

Saat awal kompetisi, sempat terjadi pertarungan yang sengit antara tim-tim dari Indonesia dengan tim tuan rumah Singapura. Sejak awal start, mobil Nogogeni yang berada di pole position terus memimpin dengan dibayangi mobil tim NTU Singapore di posisi 2.

Kondisi berubah drastis saat memasuki lap 8 dari 9 putaran yang harus diselesaikan. Nogogeni ITS bersamaan dengan NTU Singapore terus mengalami penurunan posisi tergantikan oleh tim Semar Urban UGM dan Sapuangin ITS yang bergantian menduduki posisi puncak.

Hingga akhirnya sampai finish lap 9, tim Semar Urban UGM bertahan di posisi terdepan disusul tim Sapuangin ITS di urutan ke-2 dan tim Garuda UNY posisi ke-3. Sorak gembira dan tangis penuh keharuan dari ketiga anggota tim itu pun tak terbendung lagi, karena ketiganya akhirnya lolos ke London. Mereka saling berpelukan dan memberi ucapan selamat ke masing-masing tim yang lolos sambil terus meneriakkan, “Indonesia!”

Seperti diketahui sebelumnya, ketiga tim yang lolos ini juga merupakan juara dari Shell Eco-Marathon (SEM) Asia 2018 untuk kategori Urban Concepts bahan bakar Internal Combustion Engine (ICE). Hanya saja untuk kompetisi tersebut, Sapuangin ITS juara 1, Semar Urban UGM, dan Garuda UNY juara 3.

Rafi Rasyad, General Manager Tim Sapuangin ITS, mengungkapkan kegembiraannya atas keberhasilan tim yang dipimpinnya meraih tiket menuju London ini. “Alhamdulillah akhirnya Sapuangin berhasil ikut bertarung di DWC London berkat kerjasama tim yang baik, semoga nantinya bisa menjadi terbaik juga di sana (London, red),” tutur Rafi dengan raut bahagia bersama timnya.

Sementara Muhammad Adietya, General Manager Tim Nogogeni ITS, mengaku bisa menerima hasil kompetisi ini dengan baik, meski hanya mampu di posisi ke-4. ”Alhamdulillah hasil dari DWC tadi kami cukup puas, karena dari tiga tim peserta kelas Urban Concepts Electric hanya Nogogeni yang bisa mencapai finish meskipun tidak bisa lolos ke London,” ungkap mahasiswa D3 Teknik Mesin Industri ini.

Saat ajang DWC, lanjut cowok yang biasa disapa Adiet ini, timnya merasa tegang karena mobil Nogogeni berada di posisi paling depan saat start. Namun Adiet mengatakan bahwa pengalaman DWC tahun ini sangat mengesankan karena baru tahun ini Nogogeni bisa lolos untuk mengikuti race DWC Asia.   “Harapannya untuk tahun depan kami bisa lebih mempersiapkan diri untuk DWC dan mengevaluasi semua problem di tahun ini,” ujarnya.(ins)

 

 

baca juga :

EPA 2023/2024: Comeback di Bali, Persebaya U-20 Bayangi Pemuncak Klasemen

Redaksi Global News

Pemkot Surabaya Raih Penghargaan Kota Terinovatif dari Kemendagri

Redaksi Global News

Polres Kulon Progo Study Tiru MMPP Polresta Sidoarjo

Redaksi Global News