Global-News.co.id
Mataraman Utama

Siap Jadikan Jatim Lumbung Padi Nasional, HKTI Tasyakuran Panen Raya di Magetan dan Ngawi

Ahmad Nawardi

SURABAYA (global-news.co.id) – Ketua DPP HKTI (Himpunan Kerukunan Tani Indonesia) Jawa Timur, H. Ahmad Nawardi S.Ag, berusaha terus meningkatkan kesejahteraan petani. Untuk itu HKTI juga siap membantu Pemerintah Daerah menjadikan Jatim sebagai lumbung padi.

“Kita pertahankan Jatim jadi lumbung padi nasional. Dan para petaninya harus semakin sejahtera,” kata Ahmad Nawardi saat diskusi di Warung Upnormal Jl. Dharmahusada No. 64 Surabaya, Selasa, 27 Februari 2018 Malam.

Dikatakan, selama ini dirinya bersama para petani Jatim terus berupaya meningkatkan penyerapan gabah. Ini agar penghasilan petani meningkat.

“Kita akan pertahankan Jawa Timur menjadi lumbung padi nasional,” ucap senator asal Madura itu kepada wartawan.

Mantan wartawan Tempo tersebut juga mengatakan, terkait dengan keinginan HKTI Jatim dalam mempertahankan Jatim menjadi Lumbung Padi Nasional tersebut, hingga saat ini pihaknya masih berkomunikasi dengan Menteri Pertanian.

“Kita (HKTI) sudah berkomitmen untuk bermitra dengan pemerintah. Semua program pemerintah untuk petani, karena program itu pasti baik, maka HKTI akan mendukung,” ucapnya.

Ia menambahkan, bahwa HKTI menjembatani antara kepentingan petani dan Pemerintah agar dapat mewujudkan kesejahteraan para petani. Menurutnya, sebaik apapun program pemerintah bila tanpa ada dukungan dari stakeholder yang ada, maka sulit mewujudkannya. Karena itu, untuk dapat mewujudkannya pria kelahiran Sampang itu mengatakan, HKTI Jatim tidak hanya menjadi penyalur namun juga membantu meningkatkan panen dari petani.

“Program (pemerintah) itu berkesinambungan, sehingga bermanfaat untuk petani dan nyata untuk patani,” tutur Nawardi.

Namun, dia mengakui, meski sudah intensif membangun komunikasi dengan Menteri Pertanian, dirinya belum berkomunikasi dengan Dinas Pertanian di Jawa Timur. Untuk itu, dirinya berjanji akan segera berkomunikasi terkait maksud baik HKTI dalam mempertahankan Jatim sebagai Lumbung Padi Nasional.

“Saya belum bertemu dengan Dinas Pertanian Jawa Timur. Saya berharap, nanti ke depan akan saya sampaikan,” tutur Nawardi.

Sedangkan, untuk merealisasikan apa yang menjadi komitmennya HKTI sebagai mitra Pemerintah dan Petani, Alumnus UIN Sunan Ampel Surabaya tersebut mengatakan bahwa pada hari Kamis, 1 Maret hingga Jumat, 2 Maret 2018 HKTI melakukan Tasyakuran Panen Raya di Kabupaten Magetan dan Ngawi. Acara tersebut akan dihadiri oleh seluruh Gapoktan dan KUD. Dan, HKTI juga akan membuka dialog dengan tiga ratus perwakilan Petani.

“Dalam acara nanti, HKTI akan membuka diskusi dengan perwakilan para petani. Untuk menyampaikan aspirasi para petani itu pada pemerintahan pusat,” tutupnya. (sod)

baca juga :

Gubernur Khofifah Targetkan Peningkatan Pajak Daerah Naik 20% Akhir Tahun 2020

Redaksi Global News

Berlebaran, Waspadai Ancaman Penyakit Kronis

Redaksi Global News

Kapolresta Sidoarjo Sidak Minyak Goreng di Gudang Minimarket

Redaksi Global News