Global-News.co.id
Indeks Politik Utama

PDIP-PKB Resmi Sandingkan Gus Ipul dan Puti Guntur Soekarno

GN/Istimewa
Gus Ipul akhirnya disandingkan Puti Guntur Soekarnoputri dalam Pilgub Jatim 2018.

JAKARTA (global-news.co.id) Setelah melalui berbagai pertimbangan, DPP PDIP akhirnya memutuskan mengusung cucu Presiden pertama RI Soekarno, Puti Guntur Soekarno, sebagai bakal calon wakil gubernur untuk Saifullah Yusuf (Gus Ipul).

Mngutip kumparan.com, kesepakatan itu tercapai sebagai tindak lanjut dari pertemuan Selasa (9/1/2018) malam di rumah Megawati Soekarnoputri, dilanjutkan pertemuan Rabu (10/1/2018) pagi antara Gus Ipul-Puti Guntur didampingi Sekjen PDIP Hasto dan Wasekjen Ahmad Basarah.

Puti dipilih PDIP karena selain pertimbangan kemampuan memimpin Jatim, juga karena faktor keturunan Soekarno. Uniknya, Puti sendiri tidak tercantum dalam daftar kepengurusan DPP PDIP.

Sebagai generasi ketiga Soekarno, Puti diharapkan dapat mendongkrak suara di Jatim bersama Gus Ipul. Kombinasi Gus Ipul-Puti dianggap komposisi religius-nasionalis.

GN/istimewa
Surat keputusan DPP PDIP yang mengusung Gus Ipul dan Puti Guntur Soekarnoputri.

Keputusan menduetkan Puti ini diterima oleh DPP PKB sebagai pengusung Gus Ipul di Jatim. PKB sudah menerima laporan bahwa Puti yang akan diusung mendampingi Gus Ipul.

“Ini juga kejutanlah buat PKB. PKB kejutan, terus Jateng kejutan, Jatim kejutan,” ucap Ketua DPP PKB Jazilul Fawaid seperti dikutip kumparan.com.

“Malah Jatim terkejut dua kali, pertama waktu Pak Anas (mundur), kedua pemilihan Puti. Jadi kalau bahasa ini kan sengsara membawa nikmat. Mudah-mudahan ada berkah buat kita smua,” imbuhnya.

Pasangan Gus Ipul-Puti akan didaftarkan hari ini ke KPU Jawa Timur.(kum)

baca juga :

Rektor Unair Ajak Wisudawan Terus Bergerak Maju Bangun Peradaban

Redaksi Global News

TKI Asal Bangkalan Dieksekusi Mati di Arab Saudi Tanpa Notifikasi

Redaksi Global News

DPRD Surabaya Desak Pemkot Cairkan Gaji ke-13

Redaksi Global News