Global-News.co.id
Indeks Mataraman Utama

Seksi Ketiga Jalan Tol Surabaya-Mojokerto Dinyatakan Siap Dioperasikan

Ilustrasi
Tol Surabaya Mojokerto dilaporkan siap untuk dioperasikan menyusul dinilai telah laiknya tiga seksi jalan yang telah selsai pembangunannya.

JAKARTA (global-news.co.id)-Tiga seksi terakhir Jalan Tol Surabaya-Mojokerto ruas Sepanjang-Krian siap beroperasi penuh. Pengoperasian jalan tol menyusul surat keputusan laik jalan yang diterbitkan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan dan Berita Acara Evaluasi Laik Fungsi.

“Berdasarkan landasan tersebut, dinyatakan bahwa Jalan Tol Surabaya-Mojokerto Seksi IB, Seksi II dan Seksi III (Sepanjang-Krian) dinyatakan laik operasi dan dapat dioperasikan sebagai jalan tol,” terang Direktur Teknik dan Operasi PT Jasamarga Surabaya Mojokerto melalui keterangan resmi, Senin (4/12).

Adapun, ketiga seksi yang siap beroperasi, meliputi Seksi IB Sepanjang-WRR (4,3 kilo meter/KM), Seksi II WRR-Driyorejo (5,1 KM), dan Seksi III Driyorejo-Krian (6,1 KM). Dengan rampungnya ketiga seksi tersebut, maka Jalan Tol Surabaya-Mojokerto sepanjang 36,27 KM telah beroperasi penuh.

Pengoperasian ketiga seksi ini menyusul dua seksi Jalan Tol Surabaya-Mojokerto yang telah dioperasikan terlebih dahulu, yaitu Seksi IA sepanjang 2,3 Km (Waru-Sepanjang, diresmikan Agustus 2011), serta Seksi IV sepanjang 18,47 Km (Krian-Mojokerto, diresmikan Maret 2016).

Jalan tol yang membentang dari Kota Surabaya hingga Kota Mojokerto ini dikelola oleh anak usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Nilai investasi jalan tol yang melewati 4 wilayah kota/kabupaten ini sebesar Rp 4,9 triliun dengan kepemilikan mayoritas saham sebesar 55 persen oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk, 25 persen oleh PT Moeladi serta 20 persen oleh PT Wijaya Karya (Persero) Tbk.

Beroperasinya seluruh seksi Jalan Tol Surabaya-Mojokerto menjadi pelengkap proyek Jalan Tol Trans Jawa yang akan membentang dari Merak hingga Banyuwangi.

Jalan Tol Surabaya-Mojokerto diharapkan dapat memperlancar arus distribusi barang dan jasa, serta meningkatkan perekonomian Indonesia khususnya di Pulau Jawa. (cnn)

baca juga :

Gubernur Khofifah Tinjau Penanganan Tanggul Ambles di Plumpang Tuban

Redaksi Global News

Belajar dari Tragedi Sleman, Wawali Surabaya Larang Outband di Luar Sekolah

Redaksi Global News

Khofifah Anugerahkan Penghargaan Jer Basuki Mawa Beya dan Serahkan Satyalancana Karya Satya

Redaksi Global News