Global-News.co.id
Indeks Metro Raya Pendidikan

Program ITS Smart Eco Campus Mengungguli Ratusan PT Seluruh Dunia

Bus listrik hasil karya mahasiswa ITS termasuk salah satu yang membuat ITS semakin diakui dunia sebagai kampus hijau.

SURABAYA (global-news.co.id)-Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya menempati peringkat 57 dari 618 perguruan tinggi seluruh dunia versi UI Green Metric World University Ranking 2017.

Di Indonesia sendiri, ITS menduduki peringkat ketiga setelah Universitas Indonesia (UI) dan Institut Pertanian Bogor (IPB). Hasil pemeringkatan UI Green Metric World University Ranking 2017 tersebut telah dirilis secara resmi di kampus UI Depok pada 11 Desember lalu.

Sekretaris ITS, Dr Dra Agnes Tuti Rumiati MSc, mengungkapkan capaian ini tak lepas dari pengembangan dalam bidang pengelolaan berbasis lingkungan. Salah satunya adalah program ITS Smart Eco Campus.

Program ini merupakan inisiatif ITS dalam menciptakan pembangunan berkelanjutan di lingkungan kampus dengan memanfaatkan teknologi dan ilmu pengetahuan yang dikembangkan dalam kampus. “ITS percaya bahwa perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi mampu berjalan selaras dengan alam,” ungkap Agnes, Rabu (13/12/2017).

Program yang telah diusung sejak tahun 2011 ini adalah komitmen ITS untuk bisa berperan aktif dalam penerapan gaya hidup yang berwawasan lingkungan. Program ITS Smart Eco Campus memanfaatkan setiap elemen yang ada di kampus untuk menciptakan pembangunan yang ramah lingkungan.

Dr Dra Agnes Tuti Rumiati MSc

“Tahun ini, ITS di antaranya menelurkan inovasi bus kampus gratis, bus listrik, produksi massal motor listrik GESITS, mobil hemat energi Sapuangin XI Evo, dan banyak inovasi lainnya,” papar dosen Departemen Statistika ITS ini. Dengan modal inovasi tersebut, lanjut Agnes, ITS bahkan berhasil mengungguli UI dalam aspek energi dan perubahan iklim dengan raihan sebesar 1.326 poin.

Lima aspek lain yang menjadi parameter dalam pemeringkatan Green Metic University 2017 ini yaitu kualitas infrastruktur kampus (15 persen), pengelolaan sampah (18 persen), penggunaan air (10 persen), transportasi (18 persen), dan pendidikan (18 persen).

Total keseluruhan poin yang diraih ITS yaitu 6.059 poin. Hanya terpaut 7 poin dengan IPB yang berhasil bercokol di posisi kedua se-Indonesia

Saat mengumumkan hasil pemeringkatan tersebut, Ketua UI Green Metric Prof Dr Ir Riri Fitri Sari MSc MM sempat menyampaikan inisiasi baru mengenai jejaring forum bagi perguruan tinggi yang berpartisipasi dalam pemeringkatan ini.

Tahun ini diluncurkan UI Green Metric World University Rankings Network, di mana para institusi dapat saling bertukar pengalaman dan ilmu demi mewujudkan dunia ramah lingkungan.

Beberapa langkah nyata yang telah dilakukan antara lain menyelenggarakan lokakarya internasional, bekerja sama dengan Universitas Bulent Ecevit dan Universitas Istanbul, Turki.

Selain itu, UI Green Metric juga menggelar lokakarya nasional di tujuh perguruan tinggi dalam dan luar negeri seperti Universitas Diponegoro, Kazakh National Agrarian University, El Bosque University, University of Sao Paulo (USP), University of Bologna, Aalborg University, dan People’s Friendship University.

Pemeringkatan yang sudah berjalan 8 tahun ini berlandaskan tiga filosofi E’s, yaitu kualitas lingkungan (environment), ekonomi (economy), dan keadilan (equity).(faz/*)

 

baca juga :

KemenPUPR Siapkan Jalur Selatan Jawa untuk Lebaran 2018

Nilai WHO Bermasalah, Jepang Siap Evaluasi Bantuan Dana

Redaksi Global News

Akses Tol ke Puspa Agro Disiapkan

Redaksi Global News