Global-News.co.id
Indeks Metro Raya Politik Utama

‘Si Remo’ Ditetapkan sebagai Maskot Pilgub Jatim 2018

SURABAYA (global-news.co.id)- Komisi Pemilihan Umum Jawa Timur (KPU Jatim) akhirnya menetapkan ‘Si Remo’ sebagai maskot Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur (Pilgub Jatim) 2018. Selain maskot juga ditetapkan tagline, jingle dan mars melalui rapat pleno yang selanjutnya bisa digunakan dalam seluruh tahapan Pigub 2018.

Divisi Sumber Daya Manusia dan Partisipasi Masyarakat (SDM Parmas) KPU Jatim, Gogot Cahyo Baskoro, menyatakan untuk mars, jingle, tagline dan maskot sudah diputuskan melalui sidang pleno komisioner. Termasuk karya siapa saja yang dipilih juga telah ditetapkan.

Setelah melalui proses, termasuk Diskusi Kelompok Terarah (FGD) dengan beberapa elemen masyarakat yang ahli dalam bidangnya, untuk kategori maskot yang terpilih karya Hermawan Windaryanto (Magetan) diberi nama “Si Remo”.

Sedang Jingle yang dipilih adalah karya Fajar Setya Kurniaji (Sampang), dengan judul “Jatim Nyoblos”, untuk Mars, terpilih karya Muhammad Radityo (Magetan), dengan judul “Pilgub Jatim Guyub Rukun” dan untuk tagline yang disepakati “Guyub Rukun”.

Gogot mengatakan meski sudah ditetapkan karya siapa saja yang dipakai dalam Pilgub 2018 nanti, tetap masih ada penyempurnaan yang nanti akan disampaikan ke pihak penciptanya.

Ditambahkan, selanjutnya, untuk hak cipta menjadi milik dari KPU Jatim yang akan dipergunakan dalam seluruh tahapan Pilgub 2018 yang akan datang. “Nanti kalau sudah ada penyempurnaan, baru akan dilaunching dan digunakan pada seluruh tahapan,” terang Gogot seperti dikutip website KPU Jatim, Sabtu (28/10/2017).

Sementara itu, Dosen Universitas Bhayangkara (Ubhara) Surabaya, Ratna Setyarahajoe menyatakan hasil karya berupa maskot, jingle, mars dan taglines secara garis besar sudah bagus. Dia menilai, tinggal ada beberapa penyempurnaan seperti belum adanya lirik yang belum ada tanggal dan bulan dari pelaksanaan Pilgub 2018.

“Itu karya yang terbaik dan patut kita apresiasi, cuma saran saya masih butuh beberapa penyempurnaan agar pesan terkait Pilgub 2018 bisa sampai dan mudah dipahami masyarakat,” ucapnya.(faz)

baca juga :

RUPS-LB BNI Setujui Stock Split Rasio 1:2

Redaksi Global News

Siap Fasilitasi, Pemprov Minta Pesantren Terapkan Protokol Kesehatan dalam Menyambut Santri yang Akan Kembali Belajar

Redaksi Global News

Komunitas Pers Minta Kapolri Cabut Pasal 2d dalam Maklumatnya

Redaksi Global News