Global-News.co.id
Indeks Nasional Utama

Kiprah Dokter Klinik Asuransi Sampah Asal Malang Dikagumi Vladimir Putin

GN/Istimewa
Gamal Albinsaid dan Vladimir Putin saat berbincang.

SOCHI (global-news.co.id)- Gamal Albinsaid, dokter muda asal Kota Malang, Jawa Timur yang dikenal populer dengan klinik asuransi sampahnya, baru-baru ini mendapat kehormatan diundang sendiri oleh Presiden Rusia Vladimir Putin. Undangan orang nomor satu di Rusia tersebut bertujuan untuk mendengarkan terobosan dalam isu kesehatan dan lingkungan sekaligus yang selama ini terus diperjuangkan Gamal Albinsaid.

Pada tanggal 15 Oktober 2017, Gamal Albinsaid diundang untuk menjadi salah satu pembicara forum 19th World Festival of Youth and Students yang diikuti 25.000 peserta dari 150 negara. Pada acara tersebut dr. Gamal memberikan inspirasi kepada pemuda untuk berkarya menyelesaikan masalah di masyarakat.

Setelah selesai berbicara di atas panggung, Gamal pun diundang oleh Putin untuk berdiskusi terkait inovasi yang dikembangkannya dan konsep pelayananan kesehatan.

Di hadapan Putin, Gamal secara panjang lebar menceritakan siapa dirinya dan apa saja yang sudah dilakukannya selama ini untuk memberi solusi kesehatan sekaligus persoalan lingkuangan berupa sampah dengan mendirikan klinik asuransi sampah.  Gamal dengan bangga mempresentasikan klinik asuransi sampah.

“Selama masa studi saya sebagai dokter, saya mendirikan sebuah yayasan yang berfokus pada akses dokter bagi orang miskin. Jadi kami menggunakan sampah untuk membantu orang mendapatkan pelayanan kesehatan,” kata Gamal. “Mereka bisa mendapatkan pengobatan, tindakan operasi, dan perawatan rumah sakit cukup dengan membayar menggunakan sampah.”

“Inovasi berikutnya yang kami miliki disebut Homedika,” sambungnya. “Dengan menggunakan platfom telefon, aplikasi mobile atau website, nantinya, mungkin orang dari Bali, Jakarta atau seluruh Indonesia cukup mengunduh aplikasi tersebut, sertakan provinsi, lalu dokter akan datang ke rumah. Orang-orang tidak mampu dibebaskan dari biaya sementara orang-orang kaya tetap membayar.”

Selama Gamal berbicara, Putin terus fokus menatap wajah Gamal. Mimik wajahnya menunjukkan keseriusannya mendengar penjelasan Gamal yang juga pernah diundang Pangeran Charles di Istana Buckingham, London juga terkait dengan kiprahnya.

Giliran Putin yang berbicara, orang nomor satu di Rusia pun langsung mengapresiasi apa yang disampaikan oleh Gamal. Menurutnya, apa yang dilakukan oleh Gamal adalah sebuah misi kemanusiaan yang mulia. Orang nomor satu di Rusia itu juga tidak menampik bahwa faktor ekonomi menjadi masalah dalam pelayanan kesehatan.

“Negara harus menginvestasikan sumber dayanya di dua bidang terpenting, yakni pendidikan dan kesehatan. Apa yang lebih penting dari ini? Saya tidak bisa menjawabnya? Yang jelas, kehidupan manusia tidak ternilai harganya, dan perawatan kesehatan lebih penting daripada kegiatan lainnya,” jelas Putin.

Mantan Perdana Menteri Rusia ini juga mendukung apa yang dilakukan oleh Gamal. “Secara keseluruhan, ide dan apa yang telah Anda lakukan pantas didukung dan dihormati,” pungkas Putin.

Sekadar diketahui, Gamal Albinsaid, seorang dokter yang berusia muda dan mengembangkan sebuah perusahaan dan yayasan yang bernama Indonesia Medika bergerak melahirkan dan mengembangkan berbagai inovasi kesehatan. Indonesia Medika meyakini, kesehatan adalah hak asasi manusia.

Berbagai inovasi kesehatan yang dilahirkan diantaranya Garbage Clinical Insurance, Livestock Waste Insurance, Care for Mother, Mother Happiness Center, Sabuk Bayi Pintar, ayotolong.com, dan siapapeduli.id. Berbagai inovasi tersebut telah membantu ribuan pasien mendapatkan layanan kesehatan

Gamal juga meraih lebih dari 40 penghargaan, termasuk 9 diantaranya adalah penghargaan internasional dari Inggris, Thailand, Kamboja, Peru, Jepang, Jerman, Korea Selatan, dan Amerika Serikat. Bahkan baru-baru ini dr. Gamal Albinsaid masuk dalam 1 di antara 50 inovator sosial paling berpengaruh di dunia. Dua penghargaan paling fenomenal adalah penghargaan kehormatan dari kerajaan Inggris dan masuknya dr. Gamal Albnsaid dalam 1 diantara 50 inovator sosial paling berpengaruh di dunia. (faz)

baca juga :

Indonesia Open 2021, Tuan Rumah Kirim Enam Wakil ke Perempat Final

Redaksi Global News

3 Siswa SMAMDA Ciptakan Alat Kontrol Cegah Banjir, Mampu Kendalikan Air Bendungan Meluap

Redaksi Global News

PLTU Terbesar di Indonesia Topang Pasokan Listrik Jawa-Bali

Redaksi Global News