Global-News.co.id
Indeks Mancanegara Utama

Ilmuwan Brasil Lepas Nyamuk Modifikasi Lawan Zika dan Demam Berdarah

GN/Ilustrasi

RIO DE JANEIRO (global-news.co.id)-Ilmuwan Brasil meluncurkan nyamuk yang dimodifikasi secara genetik guna memerangi virus yang ditimbulkan nyamuk seperti Zika, demam berdarah dan chinkungunya.

Yayasan Oswaldo Cruz (Fiocruz) merilis sebuah tahapan baru dalam memerangi demam berdarah di Rio de Janeiro dengan melepaskan spesimen nyamuk aedes aegypti dengan bakteri Wolbachia.

Bakteri tersebut bekerja dengan cara mengganggu kapasitas reproduksi nyamuk sehingga para ilmuwan berharap strategi itu pada akhirnya bisa memberantas mereka dan penyakit yang disebarkannya.

Kepala peneliti Luciano Moreira mengatakan para ilmuwan belum akan bisa mengukur efektifitas rencana tersebut selama tiga sampai lima tahun ke depan.

Dia menambahkan, warga juga tidak bisa hanya mengandalkan metode tersebut untuk memerangi penyakit-penyakit yang ditularkan nyamuk.

“Orang harus menyadari bahwa mereka juga berperan, sangat penting, menjaga lingkungan, menghilangkan tempat nyamuk berkembang biak seperti wadah air,” kata Moreira seperti dikutip kantor berita Xinhua.

Para ilmuwan berencana memperluas area pelepasan nyamuk tersebut secara bertahap, dengan target 10 lingkungan pada tahap awal. Pada akhir 2018, sekitar 2 juta nyamuk yang dimodifikasi tersebut diharapkan dapat disebarluaskan.(ant)

 

 

Editor: Fitri Supratiwi

baca juga :

Pelantikan Ketua Stikosa-AWS Sarat Pesan Filosofis

gas

Kisah dr. Ninoek Kehilangan Suami di Depan Mata karena Covid-19: ‘Al-Quran Menjadi Obat Tegar bagi Saya’ 

gas

Selama Januari-Agustus 2023, Terjadi 244 Kebakaran Lahan Terbuka di Surabaya

Redaksi Global News