Global-News.co.id
Indeks Metro Raya Utama

Surabaya Borong Empat Penghargaan dari Menteri LHK

 

 

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini saat menerima penghargaan dari Menteri LHK, Siti Nurbaya di gedung Manggala Wanabakti, Jakarta, Rabu (2/8/2017).

SURABAYA (global-news.co.id)-Konsistensi Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya dalam membangun kota berbasis visi lingkungan, berbuah penghargaan Adipura Kencana di tahun 2017. Tak tanggung-tanggung empat penghargaan sekaligus diborong oleh Pemkot Surabaya, yakni Adipura Kencana, penghargaan Nirwasita Tantra, Adiwiyata dan Proklim.

Piala Adipura Kencana diterima Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini, diserahkan oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya serta Menko Perekonomian Darmin Nasution di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta, pada peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Rabu (2/8/2017).

Selain Surabaya, Piala Adipura Kencana juga diberikan kepada Kota Tangerang, Kota Balikpapan, Kota Malang dan Kabupaten Kudus. Kota ini dinilai berhasil menjaga kebersihan serta pengelolaan lingkungan perkotaan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Surabaya, Musdiq Ali Suhudi yang mendampingi Wali Kota Tri Rismaharini mengatakan, keberhasilan meraih Piala Adipura Kencana sejak 2010, karena Surabaya dinilai menjadi kota yang berhasil dalam pengelolaan lingkungan, sekaligus mengombinasikan dengan keberhasilan inovasi di bidang ekonomi, partisipasi masyarakat, serta pelayanan publik.

“Salah satu kunci sukses meraih Adipura Kencana adalah, kepemimpinan dari ibu wali kota yang secara konsisten membangun kota dengan berbasis visi lingkungan, bagaimana pengelolaan lingkungan saling memperkuat dan bersinergi dengan pertumbuhan ekonomi,” ujar Musdiq Ali.

Selain itu, sambung Musdiq Ali, yang juga menjadi poin besar adalah adanya kinerja dan pelayanan yang berbasis internet, adanya command center, serta pengelolaan sampah yang modern. “Serta bagaimana Surabaya mengatasi sampah langsung dari sumbernya seperti adanya komposter, depo pengelaan sampah, bak sampah dan lain-lain,” sambung Musdiq.

Poin penting lainnya adalah, adanya sinergi yang kuat antara Organisasi Perangkat Derah (OPD) Pemkot Surabaya dan seluruh masyarakat Kota Pahlawan, untuk menjaga keseimbangan lingkungan dan pengelolaan kebersihan. “Pada dasarnya, semua OPD berperan aktif dalam menjadikan Surabaya sebagai kota yang tumbuh pesat, dengan mempertimbangkan keseimbangan lingkungan. Juga dengan melibatkan seluruh masyarakat, dunia usaha, lembaga pendidikan, media massa, LSM dan seluruh stake holder,” terangnya.

Berdasarkan keterangan resmi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, dari buku yang diterbitkan Kementerian LHK yang berisi pemaparan Wali Kota Tri Rismaharini, disebutkan beberapa upaya yang dilakukan Pemkot Surabaya dalam pengelolaan lingkungan hidup, diantaranya kebijakan hunian vertikal dalam dokumen rencana tata ruang yang merupakan upaya yang diperuntukkan bagi penduduk yang memiliki KTP Kota Surabaya, untuk memenuhi kebutuhan tempat tinggal di tengah keterbatasan ketersediaan lahan, kegiatan patroli air bertujuan untuk pengawasan dan pengendalian pencemaran air dan pembinaan terhadap pelaku pencemaran air.

Kemudian melakukan monitoring IPAL komunal, penerbitan dan pengawasan izin pembuangan limbah cair, progra, rehabilitasi sosial daerah kumuh, pembangunan jalan frontage, pengaplikasian ATCS, upaya pereduksian sampah dengan teknologi 3 R, pembangunan ruang terbuka hijau yang sampai tahun 2016 mencapai 7258 hektar (21.73 persen) dari luas wilayah, serta kegiatan penghijauan tahun 2016 mencapai luas 32,57 hektar dengan jumlah 58,582 batang pohon.

Selain Piala Adipura Kencana, Wali Kota Tri Rismaharini juga mendapatkan penghargaan Nirwasita Tantra untuk penyusunan indek kualitas pengelolaan lingkungan hidup terbaik daerah. Surabaya peringkat pertama untuk kategori kota. Dan ini merupakan dua kali berturut-turut. Selain Wali Kota Risma, ada tujuh kepala daerah yang juga mendapatkan penghargaan serupa.

Dalam sambutannya, Menteri Siti Nurbaya menyampaikan, penghargaan Nirwasita Tantra merupakan, penghargaan untuk kepala daerah atas kepemimpinannya dalam upaya meningkatkan kualitas hidup daerah, serta respons dan inovasi yang telah dan sedang dilakukan.

Penghargaan yang diterima Surabaya semakin lengkap dengan penghargaan Adiwiyata Mandiri yang diraih oleh SMPN 11 Surabaya, serta penghargaan program kampung iklim (Proklim) untuk Kampung Jambangan. * pur

 

baca juga :

PMK, Puluhan Ekor Sapi di Kota Kediri Sembuh

Kalahkan Bhayangkara FC, Persebaya U-15 Juara Piala Soeratin Zona Surabaya

Redaksi Global News

Sambut Hari Bhayangkara ke-77, Polresta Sidoarjo Adakan Bakti Sosial dan Bakti Kesehatan