Global-News.co.id
Indeks Sport Utama

Juara Community Shield, Arsenal Justru Cemaskan Gelar Premier League  

 

GN/Istimewa

LONDON (global-news.co.id)-Menjadi juara Community Shield 2017, Arsenal kini menatap gelar Premier League. Namun The Gunners dibayangi kecemasan. Apa itu?

Euforia kini tengah melanda Arsenal. Namun demikian, di antara kegembiraan tersebut terselip kekhawatiran. Ada semacam pola, klub yang menjadi juara Community Shield tidak pernah menjadi juara Premier League.

Itu terjadi sejak tahun 1994, saat Manchester United menjadi juara Community Shield. Pada musim tersebut, The Red Devils hanya menjadi runner-up Premier League.

Ya, sejarah memperlihatkan adanya ‘kutukan’ hampir sebagian besar tim yang menjuarai Community Shield gagal meraih gelar Premier League pada musim yang sama.

Meski demikian, tak semua klub mengalami pola tersebut. Pada tahun 1996, 2005, 2007 hingga 2010, itu tidak berlaku, sebelum Manchester United kembali mengalami hal tersebut pada 2010.

Manchester United, Manchester City dan Arsenal mengalami pahitnya ‘kutukan’ tersebut dalam rentang tahun 2011-2016. Jadi, fans Arsenal harus bersiap memperpanjang penantian puasa gelar Premier League sejak 2003-2004.

Sekadar diketahui, tim besutan Arsene Wenger mengangkat trofi Community Shield setelah mengebuk Chelsea 4-1 atas dalam drama adu penalti di Stadion Wembley (6/8/2017). Adu penalti dilakukan setelah kedua tim bermain imbang 1-1 sepanjang waktu normal 90 menit.

Sempat tertinggal lewat gol Victor Moses (47′), Arsenal bisa menyamakan kedudukan lewat Sead Kolasinac (82′), setelah Chelsea kehilangan Pedro akibat kartu merah.

Pada drama adu penalti, seluruh penendang Arsenal sukses. Dari kubu Chelsea, penjaga gawang Thibaut Courtois dan striker baru, Alvaro Morata, gagal mengeksekusinya dengan sempurna sehingga pupuslah harapan sang juara bertahan Premier League tersebut mengangkat trofi.

Terlepas dari gelar pra musim, titel Community Shield sangat berarti bagi Arsenal. Titel tersebut adalah penambah motivasi The Gunners menjelang dimulainya musim baru Premier League.

“Memenangi pertandingan akan memberi kami dorongan besar ke depannya sebelum awal musim baru. Ini akan membantu kami untuk mengawali musim sebaik-baiknya, terutama karena kami sedang menantikan sebuah musim baru yang berat,” ujar gelandang Arsenal, Mohamed Elneny, di situs resmi klub.

“Kami punya motivasi untuk memenangi laga melawan juara liga –Chelsea- dan terutama karena sekarang hampir sepekan sebelum awal liga, yang akan banyak membantu kami. Ini adalah dorongan yang luar biasa bagi tim kami untuk tampil lebih baik di dalam dan di luar lapangan,” kata Elneny.

Arsenal selanjutnya akan fokus pada laga pembuka Premier League musim 2017/2018 melawan Leicester City di kandang sendiri, Jumat (11/8/2017) mendatang.(ins/faz)

 

Daftar juara Premier League dan Community Shield sejak 2010:

2010-2011 – Community Shield: Man United, Premier League: Man United

2011-2012 – Community Shield: Man United, Premier League: Man City

2012-2013 – Community Shield: Man City, Premier League: Man United

2013-2014 – Community Shield: Man United, Premier League: Man City

2014-2015 – Community Shield: Arsenal, Premier League: Chelsea

2015-2016 – Community Shield: Arsenal, Premier League: Leicester

2016-2017 – Community Shield: Man United, Premier League: Chelsea

2017-2018 – Community Shield: Arsenal, Premier League: ?

baca juga :

Enggan Terlena di Bandung, Madura United Siapkan Skema Permainan

Gandeng Lembaga Hukum Transaksi Pajak Daerah di Kota Madiun Diawasi

Redaksi Global News

Kunjungi Polres Pelabuhan Tanjung Perak, Plt Walikota Surabaya Koordinasi Pengamanan Malam Tahun Baru

Redaksi Global News