Global-News.co.id
Indeks Metro Raya Nasional Utama

Basofi Sudirman Meninggal, Gubernur Jatim Instruksikan Bendera Setengah Tiang   

GN/Istimewa
Mantan Gubernur Jatim Basofi Soedirman meninggal dunia, Senin (7/8/2017).

JAKARTA (global-news.co.id)-Mantan Gubernur Jatim Basofi Soedirman telah meninggal dunia di RS Medistra Jakarta, pukul 10.58 WIB. Basofi meninggal dunia di usia 77 tahun karena sakit, rencananya jenazahnya akan dimakamkan di Pemakaman San Diego Hill Karawang.

“Innalillahi Wa Innaillaihi Rojiun. Telah berpulang ayahanda tercinta Moch. Basofi Soedirman. Semoga arwah beliau mendapatkan tempat terbaik di sisi-Nya. Aaminn,” tulis putra Basofi Soedirman, Charis Firismanda, di postingan facebooknya, Senin.

Di postingan tersebut, Charis atas nama keluarga juga meminta maaf kepada publik apabila selama hidup almarhum pernah berbuat kesalahan dan kekhilafan.

Sementara itu, salah seorang keluarganya mengatakan jenazah almarhum Basofi Soedirman akan dimakamkan di Pemakaman Sandiago di Jakarta dengan terlebih dahulu disemayamkan di rumah duka si kawasan Kemang Timur.

Ketua DPRD Jatim Abdul Halim Iskandar juga mengatakan kalau dirinya juga menerima kabar meninggalnya mantan wakil gubernur DKI Jakarta tersebut. “Baru saja ada kabar, bapak kita yang pernah menjadi Gubernur Jawa Timur (Basofi Sudirman) dipanggil Allah SWT,” kata Abdul Halim.

Pelantun lagu ‘Tidak Semua Laki-Laki’ ini sebelumnya telah lama sakit dan dirawat di Rumah Sakit Adi Waluyo, Menteng, Jakarta Pusat.

Sementara itu, Gubernur Jawa Timur H. Soekarwo menginstruksikan pengibaran bendera merah putih setengah tiang sebagai bentuk penghormatan terhadap meninggalnya mantan Gubernur Jatim Basofi Soedirman.

“Sehubungan dengan meninggal dunianya Bapak Basofi Soedirman maka agar mengibarkan bendera setengah tiang,” ujar Pakde Karwo, sapaan akrabnya.

Sekadar informasi, saat ini Gubernur Jatim Soekarwo bersama rombongan sedang melakukan kunjungan kerja di Italia, Rusia dan Jerman dalam rangka peningkatan kerja sama di beberapa bidang.

Gubernur menginstruksikan pengibaran bendera setengah tiang mulai hari ini hingga Rabu, 9 Agustus 2017, di lingkungan instansi masing-masing termasuk UPT-UPT di wilayahnya. “Demikian instruksi gubernur dan harap diperhatikan,” ucap orang nomor satu di Pemprov Jatim tersebut.

Basofi Sudirman meninggalkan banyak kenangan di panggung politik dan hiburan Tanah Air. Pelantun lagu ciptaan Leo Waldy “Tidak Semua Laki-Laki” ini masih sering terdengar suaranya dalam klip video yang sederhana di YouTube.

Pria kelahiran Bojonegoro, Jawa Timur, pada 20 Desember 1940, merupakan putra Letjen TNI (Purn) H Soedirman, yang merupakan tokoh nasional dari Kabupaten Bojonegoro. Basofi lahir di sebuah desa di Bojonegoro, Ngrawuh, 76 tahun silam. Karena ayahnya seorang tentara, sejak kecil ia sudah bercita-cita menjadi tentara. Sang ayah kerap mengajaknya melihat aktivitas latihan tentara.

Basofi kecil pun sudah harus ikut mengungsi zaman mempertahankan kemerdekaan. Meskipun demikian, Basofi tetap menempuh pendidikan meski harus kerap berpindah mengikuti tugas ayahnya. Setelah lulus SMA, ia masuk Akademi Militer di Magelang, Jawa Tengah.

Lulus dari Akmil pada 1963, Basofi mulai berkarier di militer. Ia pernah menjadi Komandan Detasemen Tempur Kopasandha (1971-1972), Komandan Batalyon 412 Brawijaya (1973-1974), dan Komandan Brigade Infanteri Lintas Udara 18/Kostrad (1981-1983).

Ia juga pernah menjadi Komandan Kodim 0824/Jember (1977-1978), Asisten Teritorial Kodam IV/Brawijaya (1983-1984), Komandan Korem 083/Baladhika Malang (1984-1986), dan Kasdam Kodam I/Bukit Barisan (1986-1987), sebelum akhirnya ditarik ke Mabes ABRI.

Meski karier militer melesat kencang, ia memilih pensiun pada usia 47 tahun. Karier di militernya ditutup dengan sebuah langkah memasuki dunia politik. Ia masuk Golongan Karya (Golkar). Kariernya di dunia politik pun tak kalah kencang. Ia pernah menjabat Ketua DPD Golkar DKI Jakarta dan pada 1987 diangkat menjadi Wakil Gubernur DKI Jakarta. Akhirnya angin politik membawanya menjadi Gubernur Jawa Timur.(ins/faz)

baca juga :

Ezra Walian Menguji Kemampuan Diri di Laga Internal

Menkes Siap Kirim 146 Tenaga Medis ke RSUD dr Soetomo

Redaksi Global News

252 TKI Pulkam, 4 Positif Covid-19