Global-News.co.id
Indeks Politik Utama

Gerindra Siapkan Cagub Kuat Hadapi Gus Ipul

Sekretaris DPD Partai Gerindra Jatim, H Anwar Sadad

SURABAYA (global-news.co.id)-Dinamika politik di Jawa Timur jelang Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jatim semakin memanas. DPD Partai Gerindra Jatim pun siap menggalang kekuatan untuk menghadapi kandidat calon gubernur (Cagub) Jatim, H Saifullah Yusuf.

Sekretaris DPD Partai Gerindra Jatim, H Anwar Sadad menegaskan, pihaknya telah melakukan komunikasi dengan sejumlah partai di Jatim, untuk membangun koalisi Pilgub Jatim. Sadad pun berkenyakinan dengan koalisi ini, mampu memunculkan calon kuat yang sepadan dengan Gus Ipul yang akrab disapa Saifullah Yusuf.

Gerindra kata Sadad, akan menjadi pemimpin koalisi dengan partai tengah. Di antaranya, Golkar, PAN, PKS dan Nasdem. “Kita sudah membangun komunikasi dengan mereka. Bahkan, masing-masing partai telah menawarkan kandidat. Seperti PAN yang menyodorkan nama Pak Masfuk (Ketua DPW PAN Jatim M Masfuk, Red). Kemudian Nasdem ada pak Hasan (Hasan Aminuddin) dan Rendra (Rendra Kresna),” ujar Sadad, Sabtu (29/7/2017).

Nama-nama tersebut, kata Sadad, disodorkan sebagai kandidat calon wakil gubernur (Cawagub). Sedangkan untuk sosok Cagubnya, Sadad masih merahasiakan karena masih perlu dibicarakan dulu. “Masih perlu duduk bersama untuk merembukkan hal itu. Nanti kita putuskan bersama dengan partai lain,” jelasnya.

Namun, dia memastikan kandidat Cagub yang diusung nanti tidak akan terlalu jauh dari lingkungan Nahdatul Ulama (NU). Hingga saat ini, Sadad mengaku pihaknya masih menggodok beberapa nama berdasarkan hasil survei yang dilakukan untuk dikerucutkan sebagai pasangan calon.

Sementara itu, Sekretaris DPD PDIP Jatim, Sri Untari saat dimintai komentar terkait adanya kekuatan koalisi partai tengah, dirinya tidak menggubrisnya. Sebab, PDIP bersama PKB telah sepakat akan bersama-sama memenangkan Pilgub Jatim. “Dalam waktu dekat ada kawan kami yang lain ikut merapat,” ujar Untari.

Saat ini, PDIP memang belum secara resmi mendeklarasikan koalisi dengan PKB. Namun, PDIP telah menerima pendaftaran Gus Ipul. Menanriknya, Gus Ipul merupakan satu-satunya bacagub yang mendaftar di DPD PDIP Jatim hingga saat ini. Tak hanya itu, PDIP juga telah menyiapkan empat bakal calon wakil gubernur, yang akan didapuk sebagai pendamping Gus Ipul.

Mereka adalah Kusnadi (Ketua DPD PDIP Jatim/Wakil Ketua DPRD Jatim), Budi “Kanang” Sulistyo (Bupati Ngawi), Abdullah Azwar Anas (Bupati Banyuwangi), hingga Suhandoyo (Anggota DPRD Jatim). “Partai yang nantinya menjadi teman kami ini telah sepakat bahwa Gubernurnya dari PKB dan wakilnya dari PDIP,” kata Ketua Fraksi PDIP di DPRD Jatim ini. * nas

baca juga :

Belum Vaksin, Pemudik Bisa Vaksin di Terminal Purabaya

Redaksi Global News

Apresiasi Pemkot Surabaya, Wamendag RI: Harga Bahan Pokok Nataru hingga Awal 2022 Aman

Redaksi Global News

Covid Melambung, Isoman di Hotel Jadi Pilihan

Titis Global News