Global-News.co.id
Indeks Nasional Utama

CJH Kloter Pertama Mulai Berdatangan di Madinah

Calon jamaah haji kloter pertama dari berbagai embarkasi di Indonesia mulai berdatangan di bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz, Madinah, Jumat (28/7) malam waktu Saudi.

MADINAH (global-news.co.id)-Calon jamaah haji (CJH) gelombang pertama dari kelompok terbang (Kloter) 1 dari berbagai embarkasi mulai berdatangan di Madinah, Arab Saudi. Dari 11 kloter yang dijadwalkan terbang, Jumat (29/7/2017), baru 10 kloter yang tiba di Madinah, melalui Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA).

Sementara satu kloter dari Embarkasi Jakarta terpaksa ditunda keberangatannya, dan baru akan diberangkatkan Sabtu (29/1/2017) hari ini. Penundaan ini lantaran runway Bandara Halim Perdanakusuma rusak, dan akan dialihkan melalui bandara Soekarno-Hatta.

Ke-10 kloter yang sudah diberangkatkan kemarin tiba di bandara AMMA Madinah sekitar pukul 23.00 Waktu Arab Saudi (WAS) atau Sabtu (29/7/2017) dini hari waktu Indonesia. “Delapan kloter yang sudah sampai pemondokan adalah MES 01 (Medan), JKG 01 (Jakarta), PDG 01 (Padang), SUB 01 (Surabaya), SOC 01 (Solo), JKS 02 (Jakarta), dan SUB 02 (Surabaya),” kata Kepala Seksi Pemondokan Daerah Kerja (Daker) Madinah, Ihsan Faisal, di kantor Daker, Sabtu (29/7/2017) dini hari.

“Sementara 2 kloter yang saat ini sudah di bandara dan sedang didorong ke pemondokan adalah SUB 03 dan SOC 02,” tambah Ihsan.

Kloter MES1 merupakan kelompok CJH yang pertama kali tiba di Madinah, menggunakan pesawat Garuda dengan nomor penerbangan GA3101. Kloter MES1 mendarat dengan penumpang sejumlah 389 orang yang terdiri dari 240 jamaah pria dan 149 jamaah wanit. 7 diantara jamaah MES1 membawa kursi roda karena factor kesehatan dan usia. Seluruh jamaah MES1 setelah melalui imigrasi langsung menuju ke pavilliun 3 untuk penerimaan kedatangan jamaah secara resmi oleh Kedutaan Besar Indonesia di Arab Saudi.

Ketua kloter MES 1, Mustapid Mahmud Ahmad, dalam sambutannya tidak kuasa menahan kegembiraan dan rasa bangga, karena telah tiba di tanah suci dan mendapat sambutan hangat dari PPIH Arab Saudi dan jajaran kedutaan Indonesia. “Kegembiraan tersendiri kami rasakan bersama seluruh CJH kloter MES1 karena kami telah tiba dengan selamat. Rasa lelah, gerah, haus, dan lapar mendadak sirna karena hangatnya sambutan dari Bapak/Ibu menerima kedatangan kami di bandara Madinah ini,” ujar Mustapid.

“Kami perlu sampaikan bahwa jumlah CJH MES1 sebanyak 389 orang karena menjelang keberangkatan terdapat dua orang yang ditunda kesehatannya karena faktor kesehatan,” lanjutnya.

Dari 389 jamaah, terang Mustapid, terdapat 127 orang dengan usia lebih dari 58 tahun, bahkan ada satu orang jamaah berusia 83 tahun. “Kami berharap doa Bapak/Ibu semoga semua jamaah MES1 dapat melaksanakan ibadah dengan baik sampai akhir,” harap Ketua Kloter MES1 tersebut.

Sunarko yang mewakili Duta Besar Indonesia untuk Arab Saudi juga menyambut kedatangan CJH MES 1 dengan beberapa pesan khusus. “Dengan segenap kebanggan dan rasa hormat, kami mengucapkan selamat datang kepada segenap tamu Allah. Setelah tiba di Madinah, kami harapkan para jamaah segera melaksanakan ibadah dan tetap menjaga kondisi badan,” pinta Sunarko.

“Ibadah haji merupakan ibadah yang membutuhkan stamina dan fisik yang prima. jamaah harus mempersiapkan diri dengan baik. Waktu wukuf masih panjang, jamaah haji harus dapat memanajemen diri, menjaga pola makan, dan berisitirahat yang cukup,” ujarnya.

Secara khusus, Sunarko, juga menyampaikan pesan dari Menteri Agama agar CJH menjaga sikap dan perilaku selama di Arab Saudi. “Para jamaah harus menjaga martabat dan kehormatan bangsa. Tetap berkepribadian sebagaimana yang telah dikenal luas oleh dunia luar, bahwa jamaah Indonesia merupakan bangsa yang santun dan tertib. Jemaah haji juga harus mematuhi regulasi dan menghormati tradisi masyarakat Arab Saudi,” pungkasnya.

Setelah mengakhiri sambutannya, Sunarko secara resmi menerima penyerahan bendera Merah Putih dari Petugas Kloter MES1. Bahkan, Sunarko juga berkesempatan memasangkan masker wajah penutup hidung kepada salah satu CJH dan menyemprotkan air ke wajah sebagi pesan simbolis agar CJH menjaga diri dari cuaca panas Arab Saudi.

Tahun ini, CJH mendapatkan fasilitas khusus. Begitu tiba di Bandara Madinah, mereka diarahkan ke Paviliun Haji yang terletak kurang lebih 200 meter dari pintu Terminal Haji. Di sana, mereka beristirahat lebih nyaman sembari menunggu diberangkatkan ke pemondokan. * dtk, kmg, nas

baca juga :

Pemkab Optimis Peta Kekeringan Akan Terus Menyusut

gas

Liga 1: Manajemen Pastikan Yahya Alkatiri Tak Lagi di Persebaya

Redaksi Global News

Saham Bank Maspion Siap Dilego ke Investor Thailand

Redaksi Global News