Global-News.co.id
Indeks Pantura Utama

Tahanan Lapas Tuban Kabur Melompat Tembok

TEMBOK Lapas ada bekas dipanjat tahanan yang kabur.

TUBAN (global-news.co.id) – Lagi-lagi tahanan kabur. Kali ini dua orang tahanan dari warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB yang berada di Jalan Veteran, Kabupaten Tuban diduga berhasil kabur dari dalam tahanan, Minggu (28/5/2017).

Kaburnya dua tahanan tersebut diketahui sekitar pukul 13.00 Wib siang. Dua tahanan itu diduga kabur dengan cara melompat pagar tembok Lembaga Pemasyarakatan itu saat kondisi penjagaan sedang sepi.

Informasi yang dihimpun di lapangan, dua tahanan yang kabur tersebut diketahui merupakan tahanan atas kasus pencurian buku nikah dan kasus penjambretan. Keduanya beberapa bulan ini sudah menjalani tahanan di Lapas kelas IIB Tuban.

Pantauan di lapangan, pasca kaburnya dua tahanan tersebut, sejumlah petugas dari Sat Reskrim  bersama dengan tim Identifikasi Polres Tuban melakukan olah TKP (tempat kejadian perkara) di sekitar Lapas Tuban. Petugas melakukan identifikasi di tempat-tempat yang terdapat jejak bekas pelaku melarikan diri.

“Ada bekasnya di tembok sini, mungkin kaburnya lewat sini,” ujar warga yang ada di depan Lapas itu.
Nama tahanan yang kabur, yakni  Zainudin alias Kancil (29), warga Desa Karangasem, Kecamatan Sedan, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. Zainudin merupakan tahanan atas kasus pencurian buku nikah kosong yang terjadi di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Bangilan, Kabupaten Tuban yang masa tahanannya akan berakhir pada bulan 4 tahun 2018 mendatang.

SALAH satu tahanan yang kabur masuk DPO Polri.

Tahanan yang kedua adalah Dzulkifli (22), pemuda asal Dusun Sawo, Desa Payaman, Kecamatan Solokuro, Kabupaten Lamongan. Pemuda itu merupakan pelaku jambret yang telah melakukan aksinya di beberapa lokasi di wilayah Kabupaten Tuban dan daerah lainnya.

Disinyalir kedua tahanan itu kabur dengan memanjat genteng yang berada di ruang belakang dapur. Pelaku melewati atas genteng di atas Lapas itu hingga akhirnya bisa berjalan ke depan sampai dengan tembok depan yang terdapat bekas jejak yang diduga dari kaki pelaku.

Aparat kepolisian Polres Tuban mengaku siap melakukan backup untuk pengejaran keduanya. Saat ini pihak Polres Tuban masih melakukan koordinasi dengan Lapas Tuban untuk mengejar kedua tahanan itu.

“Polres Tuban siap untuk backup dan kita koordinasi dengan Lapas,” terang AKBP Fadly Samad, Kapolres Tuban saat dikonfirmasi terkait dengan kejadian kaburnya dua tahanan Lapas Kelas IIB Tuban itu.

Sementara Danang Yudiawan,  Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas II B Tuban masih belum mau menjelaskan terkait kejadian itu. Sehingga belum diketahui pasti kronologi kaburnya dua tahanan tersebut. * chusnul huda

baca juga :

Sembuh Secara Klinis, 2 Pasien Covid-19 Dipulangkan

gas

Liga 1, Gol Tunggal Fortes Bawa Arema Puncaki Klasemen

Redaksi Global News

Wawali Surabaya Tegur Camat dan Lurah Yang Tak Perhatikan Permasalahan Warga

Redaksi Global News