Global-News.co.id
Gresik-Sidoarjo-Mojokerto Indeks

Oktober, Genjos Gresik Dipakai untuk Pertandingan

GRESIK (global-news.co.id)-Stadion Gelora Joko Samudro (Gejos) Gresik dalam waktu dekat bakal segera difungsikan, untuk pertandingan sepak bola Liga I maupun internasional. Rencana tersebut seiring turunnya rekomendasi dari Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI).

Kabag Humas dan Protokol Pemkab Gresik, Suyono mengatakan, pihaknya telah menerima salinan surat rekomendasi dari PSSI, Senin (8/5/2017) lalu dari Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Bambang Isdianto.

Surat rekomendasi PSSI bernomor 641/PGD/114/III-2017 tertanggal 10 April 2017 ditandatangani oleh Deputy Sekretaris Jenderal PSSI Fanny Irawan. Diterbitkannya surat tersebut setelah pihak PSSI melakukan verifikasi pada 3 Meret 2017. “Insyaallah pada Oktober 2017 nanti, Stadion Gelora Joko Samudro sudah mulai dipakai untuk melaksanakan pertandingan,” tegas Suyono, Rabu (10/5/2017).

Untuk mendukung rekomendasi PSSI tersebut, Pemkab Gresik melalui ngebut melakukan perbaikan sejumlah fasilitas stadion. Salah satunya, plafon stadion yang sebelumnya sempat dilaporkan oleh Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Gresik.

“Ada sedikit perbaikan yang dilakukan oleh pihak Dinas PU dan Tata Ruang sebagai bagian dari perawatan. Namun secara fisik stadion Gejos sudah baik dan layak. Terbukti PSSI sudah merekomendasikan kelayakannya untuk melaksanakan pertandingan,” tandas Suyono.

Di tempat terpisah, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Gresik, Bambang Isdianto menyatakan, sampai tahun 2017, Pemkab Gresik sudah mengucurkan dana sebesar Rp 276,9 miliar untuk pembangunan Stadion Gelora Joko Samudro, terhitung sejak tahun 2012. Rincian dana tersebut yaitu tahap awal yaitu tahap perencanaan, kontruksi I dan II pada tahun 2012-2015 menelan dana Rp 265,5 miliar.

Sedangkan di periode tahun 2016 pengerjaan konstruksi III menelan dana Rp 2,3 milar. Sementara untuk tahun ini, kini sedang dianggarkan untuk pembangunan dasar lintasan atletik, pembangunan pagar tribun, pagar jaring lapangan pemanasan, pembangunan pagar batas selatan, arena skate park, dan pembangunan wall climbing beserta kelengkapannya.

Dari semua pembangunan yang akan dilaksanakan pada tahun ini, Pemkab Gresik telah menganggarkan dana sebesar Rp 9,2 miliar. “Gak Sampai lima ratusan miliar seperti yang digembar-gemborkan selama ini,” tandas Bambang.

Untuk pemanfaatan stadion Gejos selama ini sudah sangat optimal. Beberapa waktu lalu sudah dipakai sebagai sarana pameran dan pelaksanaan kegiatan lainnya. “Bahkan acara Mayday yang dihadiri ribuan buruh juga dilaksanakan di Gejos ini. Pada 18–20 Mei 2017, Pihak Pemerintah Provinsi Jawa Timur akan mengadakan Pameran dan symposium Pelayanan public yang akan dihadiri oleh Kemenpan,” tandas Suyono.  (sep)

baca juga :

Satresnarkoba Polresta Sidoarjo Ungkap Kurir Narkoba

Redaksi Global News

Gempa Cianjur, Polresta Sidoarjo Kirimkan Bantuan untuk Korban

Redaksi Global News

PKS Jatim Desak Kebijakan Perlindungan Nakes Ditingkatkan dan Beri Penghargaan kepada yang Gugur