Global-News.co.id
Indeks Nasional Utama

Kunjungi Tiongkok, Jokowi Salat Tahiyyatul Masjid di Masjid Beijing

Presiden Jokowi menyempatkan diri salat tahiyyatul masjid di Masjid Niujie, Beijing, Tiongkok, Minggu (14/5/2017)

BEIJING (global-news.co.id)-Kunjungan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) ke Beijing, Tiongkok membawa kesan tersendiri bagi Presiden. Presiden Jokowi pun sempat dibuat terkejut dengan informasi yang diterimanya, terkait perkembangan Islam di Tiongkok.

Di daratan Tiongkok, jumlah umat Muslim mencapai 23 juta jiwa dengan jumlah masjid di Beijing 70 unit dan di seluruh daratan Tiongkok mencapai 23 ribu unit masjid. “Terus terang saya baru tahu dan sangat kaget, karena ini jumlah yang saya kira tidak sedikit,” kata Presiden Jokowi saat bertemu dengan Presiden Asosiasi Muslim RRC Yang Faming, di kompleks Masjid Niujie, Beijing, Minggu (14/5/2017).

Ia pun mengapresiasi pemerintah China, karena umat Islam asal Indonesia di China mendapat perhatian dan diperlakukan yang baik dari pemerintah. “Saya sangat senang dan bahagia bahwa Muslim Indonesia yang berada di Tiongkok ini sangat didukung dan diberikan ruang yang baik oleh pemerintah Tiongkok,” ujar Jokowi.

Di sela-sela kunjungannya di Masjid tertua dan terbesar di Beijing tersebut, Jokowi yang saat itu mengenakan stelan jas lengkap dengan peci hitam, menyempatkan diri mengambil wudlu untuk menunaikan salat Sunnah Tahiyyatul Masjid dua rakaat. Kemudian, di kompleks masjid yang dibangun pada tahun 996 Masehi itu, Jokowi pun mendapat penjelasan mengenai sejarah masjid dari Imam Besar Masjid Niujie, Ali Yang Gunjun.

Presiden Jokowi yang disambut hangat oleh para Imam Masjid dan Presiden Asosiasi Muslim RRC Yang Faming, kemudian memberikan kaligrafi Arab, mushaf Al Quran, kopiah hitam dan sarung kepada Imam Ali sebagai cendera mata khas Nusantara.

Sebaliknya, Imam Ali memberikan kenang-kenangan berupa kaligrafi Arab bertuliskan kalimat tauhid lengkap dengan terjemahan bahasa Mandarin, dan buku mengenai perjalanan Islam di Cina. Setelah itu, Jokowi menyempatkan diri berziarah ke makam dua ulama sekaligus pendiri dan imam Masjid Niujie, Syaikh Ali bin al-Qadir Imaduddin Bukhari dan Syaikh al-Burthoni al-Qazwayni.

Di depan pusara kedua syekh yang berada di sudut kompleks masjid itu, Jokowi didampingi imam membaca doa ziarah kubur selama beberapa menit. Jokowi didampingi sejumlah menteri Kabinet Kerja, di antaranya Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi, Menteri Perhubungan Budi Sumadi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Duta Besar RI untuk Tiongkok Soegeng Rahardjo.

Dalam kunjungan itu Presiden Jokowi juga menyalami beberapa WNI yang tinggal di Beijing, baik untuk keperluan kerja maupun sekolah. Kunjungan itu dilakukan di sela-sela menghadiri KTT Jalur Sutera dan Sabuk Maritim Baru untuk Kerja Sama Internasional (Belt and Road Forum). “Saya mengucapkan terima kasih karena umat muslim Indonesia dilayani sangat baik,” ujar Jokowi.  (ara/tmp/nas)

baca juga :

Bozem Medokan, Kini Jadi Spot Wisata Instagramable di Surabaya

Redaksi Global News

Raperda Perlindungan Jamu Tradisional Diharapkan Mampu Melindungi Produsen dan Konsumen

Redaksi Global News

Standar Normal Baru, Hari Ini RSUA Mulai Pisahkan Layanan Pasien Umum dengan Pasien COVID-19

Redaksi Global News