Global-News.co.id
Madura

Peringatan Nuzulul Quran Tingkatkan Iman dan Pelayanan pada Masyarakat

 

GN/Masdawi Dahlan Wabup Khalil Asyari saat memberikan sambutan dalam peringatan Nuzulul Quran, Jumat (24/6/2016).
GN/Masdawi Dahlan
Wabup Khalil Asyari saat memberikan sambutan dalam peringatan Nuzulul Quran, Jumat (24/6/2016).

PAMEKASAN (Global News)-Pemkab Pamekasan, Jumat (24/6/2016) kemarin, menggelar Peringatan Nuzulul Quran khusus para pejabat dan karyawan di lingkungan pemkab. Kegiatan itu dilaksanakan di Pendopo Ronggosukowati dengan menghadirkan penceramah Ketua MUI Pamekasan KH Ali Rachbini Latief.

Selain karyawan dan pejabat di lingkungan Pemkab Pamekasan, juga hadir semua anggota dan pimpinan DPRD Pamekasan, anggota Forum Pimpinan Daerah (Forpimda) Pamekasan.

Bupati Achmad Syafii berhalangan hadir karena ada kegiatan di luar  kota, diwakili oleh Wakil Bupati Khalil Asyari.

Dalam sambutannya, Khalil Asyari mengatakan peringatan Nuzulul Quran pada bulan Ramadan tahun 1437 Hijriyah ini bukan hanya untuk menyesuaikan dengan program anggaran yang telah dibuat, namun lebih dari itu untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan para karyawan dan pejabat di lingkungan pemkab setempat.

“Dengan memperingati Nuzulul Quran, maka kita akan tertuntut untuk memahami kandungan Alquran. Sebagai pedoman hidup umat Islam, Alquran sangat membantu untuk menjadi pedoman perubahan terlebih bagi pelayan masyarakat yakni karyawan dan pejabat sangat penting, ini diharapkan akan bisa meningkatkan semangat profesionalismenya dalam bekerja,” katanya.

Sementara KH Ali Rachbini Latief dalam ceramah hikmah Nuzulul Quran menegaskan Alquran merupakan kitab suci yang sangat luar biasa. Setidaknya Alquran memiliki dua fungsi yakni sebagai kitab ibadah dan sebagai kitab hidayah. Sebagai kitab ibadah, kata Ali Rachbini,  bagi yang membaca Alquran akan mendapat pahala dari Allah SWT.

“Dalam sebuah haditsnya Rasulullah bersabda bahwa pahala membaca Alquran nanti pada Hari Kiamat akan menjadi jalan untuk mendapat syafaat dari Allah SWT. Sama juga dengan pahala ibadah puasa yang juga akan memberikan jalan bagi manusia mendapatkan syafaat dari Allah di Hari Kiamat nanti,” ungkapnya.

Sedangkan sebagai kitab hidayah, lanjut Ali Rachbini, Alquran mengandung ajaran yang menjadi petunjuk bagi kehidupan manusia. Dengan mendasarkan kepada ajaran dan perintah yang ada dalam Alquran, maka kehidupan manusia akan damai, tentram, tenang dan akan mendapatkan kesejahteraan dunia maupun di akhirat nanti.

KH Ali Rachbini juga menegaskan sebagai kitab suci Alquran juga berfungsi sebagai kitab mukjizat. Alquran tidak ada yang bisa menandinginya. Sekalipun manusia dan jin semuanya berkumpul untuk membuat yang semisal dengan Alquran, kata KH Ali Rachbini, maka tidak akan mampu untuk menandingi isi dan kandungan Alquran. (mas)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

baca juga :

Pasarkan Produk Unggulan, Pamekasan Bangun Kemitraan dengan H. Lulung

Redaksi Global News

STEI-MM Pamekasan Adakan  Achievement Motivation Training 

gas

PSSI Gelar Turnamen U-14 dan U-16 Piala Bupati Pamekasan 2019

gas