Global-News.co.id
Madura Sport

Porprov Ditunda, Porkab 2016 Tetap Jalan

PAMEKASAN (Global News)-Sekalipun pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Timur ditunda hingga tahun 2019, sedianya digelar tahun 2017, Komite Olah Raga Nasional Indonesia (KONI) Pamekasan akan tetap menyelenggarakan Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) 2016 ini.

Ketua Panitia Porkab KONI Pamekasan Lukman Al Hakim mengatakan, pelaksanaan Porkab yang biasa digelar tiap dua tahun, tujuannya tidak hanya untuk kepentingan mempersiapkan menghadapi Porprov, namun juga untuk kepentingan menghadapi kejuaraan-kejuaraan lain baik regional maupun nasional.

Ketua Panitia Porkab KONI  Pamekasan Lukman Al Hakim
Ketua Panitia Porkab KONI Pamekasan Lukman Al Hakim

“Jadi tetap Porkab akan kita lakukan pada tahun 2016 ini. Insya Allah pada tanggal 27 Mei hingga tanggal 2 Juni mendatang. Semoga saja semuanya akan berjalan dengan lancar  tidak ada hambatan apapun. Kita panitia kini tengah mempersiapkan segala sesuatunya,” kata Lukman Hakim, Ketua Panitia Porkab KONI Pamekasan, Selasa (3/5/2016).

Sekadar diketahui  Gubernur Jatim mengirim surat pemintaan  kepada KONI Jatim agar Porprov Jatim yang biasanya dilaksanakan tiap dua tahun sekali agar diubah jadi tiap empat tahun sekali. Sesuai jadwal Porprov Jatim V mendatang akan dilaksanakan tahun 2017, namun karena ada surat permintaan gubernur, harus ditunda tahun 2019.

Lukman mengatakan penundaan waktu pelaksanaan Porprop itu tetap mengandung unsur positif. Di antaranya dengan begitu mempunyai waktu cukup pembinaan bagi atlet usia dini yang punya talenta. Sehingga mereka bisa berlatih optimal dan siap untuk menghadapi pertandingan di porprov dengan matang.

“Paling tidak juga dengan penundaan itu akan menambahkan  waktu untuk kita melakukan pembinaan dan persiapan lainnya secara lebih maksimal bagi para atlet tiap cabang olahraga tertentu. Sehingga nanti akan bisa kirim pada waktunya porprov atlet yang benar benar matang dan siap tanding,”  tuturnya.

Terkait dengan kejuaraan lainnya baik yang dihelat di Jatim maupun nasional, Lukman mengaku hal itu sangat berguna bagai porprov. Karena para juara dari event-event itu nanti yang biasanya akan menjadi wakil ke porprop. Mereka telah memiliki mental bertanding dan juara yang matang.

Pada Porkab KONI Pamekasan yang akan datang, lanjut Lukman, akan dipertandingkan 15 cabang olahraga. Porkab sangat penting untuk menyeleksi atlet-atlet berbakat dan berprestasi mulai dari tingkat kecamatan.

Lukman menegaskan, setelah porkab para atlet itu juga akan dimatangkan dalam pemusatan latihan kabupaten (puslatkab). Dari puslatkab itulah nanti akan ditentukan atlet-atlet yang mana yang benar benar matang dan siap serta memiliki talenta bagus untuk menjadi duta KONI Pamekasan dalam ajang porprov maupun ajang kejuaraaan lainnya.

Pada Porprov ke IV tahun 2015 di Banyuwangi, KONI Pamekasan memiliki prestasi yang cukup membanggakan yakni masuk 18 besar di Jatim dengan perolehan 26 medali. Perolehan ini sangat bagus, karena sebelumnya Pamekaasan berada dalam peringkat 21.

Bahkan KONI Pamekasan mendapat pujian KONI Jatim, sebab sekalipun dengan keterbatasan sarana dan prasarana namun bisa masuk dalam peringkat belasan dan menjadi satu satunya daerah di Madura yang masuk peringkat tertinggi. Daerah lainnya di Madura berada di peringkat di bawah peringkat 30.(mas)

baca juga :

Persikabo 1973 Ingin Tutup Musim dengan Hasil Manis

Redaksi Global News

Tim Sepakbola PON Jatim Evaluasi, Rudy Keltjes Ogah Ambil Pemain Pro

Redaksi Global News

Rangking FIFA: Argentina Teratas, Indonesia Urutan 146

Redaksi Global News