Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis

Dua Layanan Pelindo III Raih Top 99 Inovasi Pelayanan Publik

GN/Istimewa Terminal Penumpang Gapura Surya dilengkapi garbarata yang mirip ada di bandara.
GN/Istimewa
Terminal Penumpang Gapura Surya dilengkapi garbarata yang mirip ada di bandara.

SURABAYA (Global News)-PT Pelindo III Persero meraih Top 99 Inovasi Pelayanan Publik kategori BUMN pada 2016. Penghargaan diberikan terkait dengan penyediaan Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara di Tanjung Perak dan Sistem Polder dan Drainase di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang.

Direktur Keuangan Pelindo III Saefudin Noer mengatakan  penghargaan diberikan Menteri Pemberdayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Yuddy Chrisnandi, Kamis (31/3/2016) di Surabaya.

Saefudin mengatakan, keberadaan Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara yang berada di Tanjung Perak Surabaya saat ini sudah seperti terminal penumpang bandara, sebab ada fasilitas pendingin udara, tempat pelaporan tiket dan bagasi, jembatan penghubung terminal dengan kapal (fasilitas garbarata).

“Beberapa fasilitas di Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara juga telah memberikan kenyamanan bagi para calon penumpang kapal laut,” ucap Saefudin.

Sedangkan untuk karya inovasi Sistem Polder dan Drainase, kata Saefudin, juga telah mampu mengatasi air limpahan saat laut pasang (rob), dan telah membebaskan Pelabuhan Tanjung Emas dari genangan air rob dan banjir.

“Sebelum adanya sistem itu, Pelabuhan Tanjung Emas merupakan kawasan langganan genangan rob karena posisi permukaan tanahnya berada di bawah permukaan air laut. Hal itu terjadi akibat terjadinya penurunan permukaan tanah di wilayah Semarang Utara,” katanya.

Ia mengatakan, sebelum adanya sistem polder dan drainase sering dijumpai calon penumpang kapal laut harus berjuang menembus genangan air untuk sampai ke terminal penumpang. Selain itu, terminal penumpang juga tergenang air laut.

“Tapi sekarang, hal itu sudah tidak terjadi lagi karena adanya implementasi sistem polder dan drainase untuk mengurangi banjir rob di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang (Pelindo III),” katanya.

Sementara itu, dalam Top 99 Inovasi Pelayanan Kemenpan-RB juga menetapkan 5 karya inovasi terbaik BUMN, di antaranya inovasi pelayanan Prima Bandar Udara Internasional Ngurah Rai, Bali (PT Angkasa Pura I), transformasi Pelabuhan Pontianak melalui Pembenahan Terminal Peti Kemas (Pelindo II).

Selanjutnya, Gapura Surya Nusantara Pionir Modernisasi Terminal Penumpang Kapal Laut Nasional (Pelindo III), Aplikasi Info PLN Berbasis Sistem Operasi Perangkat Bergerak Android dan iOS, Akses Informasi dan Pelayanan Pelanggan Kelistrikan PT PLN (Persero) Secara Gratis Menggunakan Ponsel Pintar untuk Masyarakat di Seluruh Indonesia (PT PLN).(ant)

baca juga :

Setelah Australia, Kini Jerman Beri Pinjaman ke Pemerintah Rp 9,1 Triliun

Redaksi Global News

Pastikan Penempatan Dana Berjalan Lancar, OJK-Himbara Gelar Pertemuan

Redaksi Global News

Arab Saudi Pangkas Produksi Lebih Besar, Harga Minyak Terkerek

Redaksi Global News