PPKM, Bapenda Jatim Imbau Manfaatkan e – Payment

 

Bapenda Provinsi Jawa Timur mengimbau kepada wajib pajak untuk memanfaatkan elektronik payment (e – Payment) selama masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

SURABAYA (global-news.co.id) –  Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Jawa Timur mengimbau kepada wajib pajak untuk memanfaatkan elektronik payment (e – Payment) selama masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Plt Kepala Bapenda Jatim Ir Mohammad Yasin menjelaskan, selama pandemi Covid-19 ini, pihaknya seminimal mungkin melakukan kontak langsung dengan banyak orang. Untuk itu, layanan unggulan Samsat diperbanyak, seperti drive thru, payment point dan Samsat keliling.

“Tapi karena kita pelayanan, kita harus utamakan pelayanan. Tidak boleh pelayanan itu berhenti karena personelnya terbatas,” ujar Yasin, Rabu (13/1/2021).

M.Yasin menuturkan, selama PPKM ini, Samsat Induk hanya melayani untuk ganti STNK lima tahunan atau pelat nomor, dan Bea Balik Nama (BBN) kedua, seperti balik nama dan mutasi. Untuk pajak tahunan diarahkan ke layanan Samsat unggulan, seperti Payment point, Indomaret dan Link Aja. “Semuanya, jadi yang elektronik itu kita upayakan. Jadi wajib pajak tidak perlu datang ke kantor,” tuturnya.

M Yasin yang juga Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Jatim ini menegaskan, untuk layanan Samsat di mal atau pusat pusat perbelanjaan masih tetap beroperasi, agar pelayanan lebih banyak dan masyarakat tidak menumpuk. “Justru Samsat keliling di mal, itu tetap buka dan jam layanannya mengikuti jam layanan mal, yakni jam 10 sampai jam 13,” katanya.

Yasin menambahkan di 2021 ini, Bapenda Jatim menambah 10 mobil Samsat Keliling untuk disebar di seluruh Jatim, sekaligus mendeteksi wilayah mana yang harus ditambah lagi mobil Samsat Keliling ini. “Kita tetap melakukan pelayanan wajib pajak, jadi on call kita tetap jalan, informasi juga tetap jalan, maka jangan ragu ragu untuk datang. Sebisa mungkin gunakan layanan e-Payment kita supaya tidak terjadi kerumunan,”pungkasnya. fan, tri