Global-News.co.id
Indeks Pendidikan Utama

Perluas Internasionalisasi, ITS Sepakati Kerjasama dengan CSPC Filipina


Penandatanganan MoU antara ITS dengan Camarines Sur Polytechnic Colleges CSPC Filipina yang dilakukan secara daring.

 

SURABAYA (global-news.co.id) – Selaras dengan visi untuk menjadi World Class University (WCU), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) kian melebarkan jaringan mitra internasionalnya dengan perguruan tinggi mancanegara. Langkah ITS tersebut kali ini ditunjukkan dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Camarines Sur Polytechnic Colleges (CSPC) Filipina secara daring, Rabu (13/1/2021).

Wakil Rektor IV ITS Bidang Riset, Inovasi, Kerjasama dan Kealumnian, Bambang Pramujati ST, MSc Eng, PhD mengatakan pengesahan nota kesepahaman ini ditujukan untuk mempromosikan kemitraan dan kerjasama antara kedua institusi, sehingga menghasilkan kolaborasi yang bermanfaat. “Terlebih, ITS dan CSPC memiliki banyak kesamaan dalam memperjuangkan prestasi akademik bagi bangsa, khususnya di bidang teknik, ilmu pengetahuan, serta manajemen bisnis,” terang Bambang.

Di tengah pandemi ini, Bambang berharap, kedua pihak tetap bisa terhubung sehingga dapat memperkuat misi internasionalisasi. Hal tersebut dapat dimulai dengan menginisiasi e-program yang mengundang mahasiswa kampus CSPC ke ITS melalui program e-exchange, e-internship, dan e-short program. “Setelah pandemi hilang, barulah kita bisa mengadakan pertemuan tatap muka dengan menerima langsung mahasiswa CSPC di Indonesia,” jelas dosen Departemen Teknik Mesin ITS tersebut.

Bambang mengatakan bahwa sejatinya dalam situasi sekarang, Online International Learning (OIL) adalah salah satu kerjasama yang paling memungkinkan untuk segera dilaksanakan. Untuk itu, ia memastikan, ITS dengan senang hati akan berpartisipasi dalam program internasional dari CSPC.

Ditambah lagi dengan adanya mahasiswa International Undergraduate Program (IUP) yang mewajibkan studi ke luar negeri, ITS pun akan mengirimkan mahasiswanya untuk mengikuti program ke CSPC.

Senada dengan sambutan baik ITS dalam awalan kerjasama ini, President of CSPC Dr Charlito P Cadag, mengaku sangat menantikan kemitraan yang produktif dengan memanfaatkan peluang yang bisa dikolaborasikan ke depannya.

Dr Cadag mengungkapkan bahwa seremonial penandatanganan nota kesepahaman ini menjadi kesempatan luar biasa bagi CSPC untuk memulai perjalanan baru bersama ITS. “Karena internasionalisasi sendiri menjadi salah satu prioritas utama kami sebagai perguruan tinggi,” ungkapnya.

Internasionalisasi tersebut dinilainya dalam tiga aspek, yaitu pandangannya, prioritasnya dan orang-orangnya. Oleh karena itu, ia menyampaikan, CSPC membutuhkan pandangan internasional untuk menjawab fokusnya di semua bidang, seperti seni, ilmu sosial, humaniora, biomedis dan fisik, serta teknologi. “Kami menyadari bahwa untuk dapat terus maju, kami perlu bekerja sama dengan ITS,” tutur doktor bidang Filsafat dalam Pendidikan Pembangunan tersebut.

Lebih lanjut, lelaki yang akrab disapa Dr Cadag tersebut menyampaikan bahwa seremonial ini menjadi awal sejarah bagi kedua institusi untuk bersatu dalam semangat, ambisi, dan inovasi. Menurutnya, saat ini ITS dan CSPC sedang dalam tahap bergerak ke periode baru dan kritis dalam sejarahnya, sehingga momen ini dapat digunakan untuk mewujudkan masa depan yang lebih cerah untuk semua pihak. Tidak hanya mengubah tahapan hubungan kedua institusi, tetapi juga cara keduanya untuk melakukan sesuatu.

Menurut Dr Cadag, dalam kolaborasi terdapat tantangan dan peluang. Tantangan tersebut membutuhkan usaha dan komitmen yang perlu dilakukan, sehingga kerjasama ITS dan CSPC ini dapat menjadi kemitraan yang produktif dan dalam pengawasan konstan. “Pengawasan tersebut dapat kita gunakan untuk memeriksa kembali apakah kemitraan ini berjalan sesuai rencana dan kedua belah pihak dapat terkembangkan,” urainya.

Menutup pidato komitmennya, pihak CSPC ini menegaskan bahwa kemitraan yang bijaksana didasarkan pada kepercayaan, serta pemahaman yang jelas tentang situasi dan kondisi masing-masing mitra saat ini. “Semoga kemitraan ini dapat bermanfaat untuk masa depan kita. Mari bersama kita wujudkan kemitraan yang menarik serta penuh dengan nilai dan ambisi,” tandasnya mengakhiri.

Sebagai informasi tambahan, ITS dan CSPC sepakat untuk bekerjasama dalam meningkatkan peluang pendidikan bagi tenaga kependidikan dan mahasiswa dengan delapan macam kegiatan. Di antaranya adalah pertukaran anggota staf akademik untuk tujuan penelitian, pengajaran dan presentasi mata kuliah khusus di bidang spesialisasinya, serta masih banyak lagi. tri

baca juga :

26 Agustus, Angka Kesembuhan Pasien COVID-19 di Surabaya Capai 77,53 Persen

Redaksi Global News

Antisipasi Potensi Arus Besar Mudik Idul Adha, Wagub Emil Tinjau Operasi Lalu Lintas di Jembatan Suramadu

Titis Global News

Film Buffalo Boys Menggebrak AS dan Kanada: Diaspora Indonesia Impikan Gedung Film Indonesia di New York

gas